Pemdes Torosik Siap Kembangkan Kawasan Ekowisata

Pemdes Torosik, Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), akan mengembangkan ekowisata berwawasan lingkungan.

Pemdes Torosik Siap Kembangkan Kawasan Ekowisata
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Bakri menunjukan master plan rencana pengembangan kawasan ekowisata 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Pemerintah Desa (Pemdes) Torosik, Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), akan mengembangkan ekowisata berwawasan lingkungan yang mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya, serta ekonomi masyarakat.

Hal tersebut diutarakan oleh Sangadi (Kepala Desa) Torosik Muhamad Bakri Mokoagow, Selasa (15/5/2018), bahwa ini akan menjadi program unggulan desa.

Dia sendiri melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan, namun perlu arahan dari bidang yang berkompetensi seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Disparbud.

"Akan kami konsultasikan dengan seluruh pihak yang berkompetensi termasuk Dinas Perindustrian dan Kooperasi (Disperindagkop)," ujarnya.

Bakri, menerangkan potensi-potensi tersebut diantaranya Pantai Binerean, hutan mangrove, dan taman hutan didekat perkampungan yang banyak dihuni hewan endemik.

"Seperti pantai Binerean dekat Tanjung Binerean yang sudah terkenal sebagai lokasi pengamatan kehidupan burung Maleo," ujarnya.

Kata dia, pihaknya tidak bercanda dalam rangka mengembangkan potensi-potensi pariwisata di daerahnya.

Langkah yang diambil melalui studi-studi banding ke daerah yang telah mengembangkan hal tersebut seperti Tondano dengan taman pinusnya.

"Untuk langkah awal kami buat master plan untuk program ekowisata," tukasnya. (Tribun Manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help