30 Bangunan di Kelurahan Istiqlal Ditertibkan Pemkot Manado

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado menertibkan 30 bangunan di bantaran sungai yang berlokasi di Kelurahan Istiqlal

30 Bangunan di Kelurahan Istiqlal Ditertibkan Pemkot Manado
ISTIMEWA
Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado menertibkan 30 bangunan di bantaran sungai yang berlokasi di Kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Selasa (15/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado menertibkan 30 bangunan di bantaran sungai yang berlokasi di Kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Selasa (15/5/2018).

Penertiban ini untuk pembangunan ravitalisasi Daerah Aliran Sungai Tondano. Lokasi ini sebenarnya sudah lama dilakukan pembebasan, namun masih banyak warga yang tinggal di situ.

Pemkot Manado akhirnya mengambil langkah tegas dengan segera menertibkannya. Puluhan personel Satpol PP Kota Manado turut dalam operasi ini. Penertiban ini menggunakan satu alat berat untuk meruntuhkan bangunan rumah.

Tak ada perlawanan berarti dari warga. Satpol PP tampak luwes melakukan penertiban. Kepala Satpol PP Xaverius Runtuwene mengatakan penertiban daerah pembangunan revitalisasi DAS Tondano lainnya tengah berproses.

"Sudah kita tertibkan 30 bangunan di sini. Nanti akan ada penertiban lainnya di daerah yang pembebasan yang kini tengah berproses," jelasnya.

 Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan revitalisasi Daerah Aliran Sungai Tondano masih terkendala pembebasan lahan. Ini pekerjaan rumah pemerintah kota.

Warga memiliki sertifikat dengan luasan hingga ke sungai. Ada yang mengklaim sungai merupakan bagian dari sertifikat yang dimiliki.

"Sungai tak bisa diklaim. Ini tidak akan ketemu, yang punya uang juga tidak mau membayar luasan sungai yang nantinya bermasalah hukum. Meskipun mereka memiliki dokumen sertifikat yang legal," ujarnya. 

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved