Produksi Ikan di Manado 4 Tahun Terakhir Menurun

Hasil produksi ikan Kota Manado empat tahun terakhir menurun. Hal ini tak sebanding dengan menjamurnya rumah makan bakar di Manado.

Produksi Ikan di Manado 4 Tahun Terakhir Menurun
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Ikan hasil tangkapan nelayan Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hasil produksi ikan Kota Manado empat tahun terakhir menurun. Hal ini tak sebanding dengan menjamurnya rumah makan bakar di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Data di Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Manado penurunan signifikan terjadi pada tahun 2016 dan 2017 dengan total produksi hanya Rp 9.421,2 dan 9.241,9 ton pada masing-masing tahun tersebut.

Sementara pada tahun 2015 produksi mencapai 15.432 ton, tahun 2014 18.756 ton, tahun 2013 21.156 ton, tahun 2012 13.274 ton dan tahun 2011 sebanyak 10.168 ton.

Kepala DPKP Kota Manado, Nofie Talumewo melalui Kepala Bidang Perikanan, Billy Watuseke mengatakan saat ini tercatat ada 6.912 nelayan di Kota Manado. Di dalamnya sudah termasuk nelayan, buruh nelayan dan pemilik kapal.

Sektor perikanan ini didominasi oleh penangkap ikan dengan mini purse seine atau pajeko atau pukat cincin dan pole and line atau funae atau pancing banting atau huhate.

"Walaupun armada penangkapan dengan pelang atau perahu motor tempel yang menggunakan pancing ulur atau handline menunjukkan angka junlah usaha yang lebih banyak, namun usaha ini termasuk skala kecil," ujarnya Minggu (13/5).

Data menunjukkan armada tangkap pajeko sebanyak 78 unit, pancing banting 23 unit dan perahu motor tempel ada 914 unit. DPKP mengklasifikasi armada tangkap di Kota Manado sebanyak delapan jenis, sesuai kekuatan kapal (lihat grafis).

Perikanan tangkap memasok produksi rata-rata per tahun sebangak 21.000 ton. Hasil tangkapan yang masuk dari laut ke tempat pelelangan ikan Calaca dan Tumumpa sebesar Rp 20 ribu ton per tahun.

"Sedangkan sisanya hasil tangkapan yang masuk yang masuk dari wilayah-wilayah sekitar Kota Manado seperti Bitung dan Gorontalo," ujarnya didampingi Petugas Validator Tangkap, Stephen Ronoko.

Halaman
12
Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved