Paus Fransiskus Puji Dua Pemimpin Negara ini, Komitmen Berani

"Semoga kerja sama terus berlanjut, menghasilkan buah yang akan menguntungkan masyarakat Korea dan seluruh dunia," ucapnya.

Paus Fransiskus Puji Dua Pemimpin Negara ini, Komitmen Berani
Chatolic.org
Paus Fransiskus 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemimpin Umat Katolik Roma Paus Fransiskus memuji pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan atas komitmen berani mereka untuk mencapai perdamaian dengan denuklirisasi oleh Korea Utara.

Paus asal Argentina itu menyambut hasil keputusan dari pertemuan bersejarah kedua negara pada Jumat (27/4/2018), di mana Kim Jong Un berjanji untuk menutup situs uji coba nuklirnya pada bulan depan.

"Komitmen yang berani untuk melanjutkan langkah yang tulus menuju perdamaian di Semenanjung Korea yang bebas dari senjata nuklir," katanya, Minggu (29/4/2018).

Pernyataan tersebut, paus sampaikan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, dalam ibadat doa Ratu Surga. Dia juga mendoakan agar kerja sama antara Korut dan Korsel terus berlanjut.

"Semoga kerja sama terus berlanjut, menghasilkan buah yang akan menguntungkan masyarakat Korea dan seluruh dunia," ucapnya.

Juru bicara kepresidenan Korsel Yoon Young-chan mengungkapkan janji Kim Jong Un untuk menutup situs uji coba nuklir pada Mei 2018.

Selain itu, dia juga akan menyamakan zona waktu Korut agar sama seperti Korsel. Kedua negara di Semenanjung Korea itu memiliki zona waktu yang berbeda sejak 2015.

Saat itu, secara tiba-tiba, Korut mengubah waktu standarnya menjadi selisih 30 menit lebih lambat dari Korsel.

Yoon mengungkapkan, dua jam yang menggantung di dinding dengan zona waktu yang berbeda telah menyayat hati Jong Un.

"Karena kami yang mengubah waktu standar, maka kami yang akan mengembalikan waktu itu seperti semula. Anda dapat mengumumkannya secara terbuka," ucap Yoon mengutip ucapan Jong Un.

Yoon memuji keputusan tersebut sebagai langkah simbolis hubungan yang lebih baik antara Korsel dan Korut.

Editor: Try Sutrisno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help