Korea Utara Akan Bongkar Situs Uji Nuklir Punggye -ri pada 23 Mei

Korea Utara telah mengumumkan akan membongkar tempat uji coba senjata nuklirnya dalam waktu

Korea Utara Akan Bongkar Situs Uji Nuklir Punggye -ri pada 23 Mei
Aljazeera.com
Kim Jong Un meninjau situs nuklir 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Korea Utara telah mengumumkan akan membongkar tempat uji coba senjata nuklirnya dalam waktu kurang dari dua minggu, menurut media pemerintah.

Pembongkaran tempat uji coba nuklir Punggye -ri akan berlangsung antara 23 Mei dan 25 Mei tergantung pada kondisi cuaca. Demikian Korea Central News Agency (KCNA) melaporkan, Sabtu waktu setempat atau Minggu Wita seperti dikutip dari aljazeera.com.

Ini akan mencakup penghapusan semua bangunan penelitian, fasilitas observasi dan pos keamanan.

"Nuclear Weapon Institute dan lembaga-lembaga terkait lainnya mengambil langkah-langkah teknis untuk membongkar uji coba nuklir utara dari Korea Utara (Republik Rakyat Demokratik Korea) untuk memastikan transparansi penghentian uji nuklir," kata KCNA.

Ia menambahkan bahwa media Korea Utara dan wartawan dari Korea Selatan, China, Rusia, AS dan Inggris akan diizinkan untuk menghadiri upacara pembongkaran.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji untuk menutup situs itu saat pertemuan puncak bulan lalu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in , tetapi para ahli telah memperingatkan untuk memverifikasi pembongkaran apapun yang mungkin sulit. 

Kim  juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS  Donald Trump  bulan depan.

'Misi selesai'

Sebelum pertemuan Kim dengan Moon, pemimpin Korea Utara mengumumkan pada 21 April bahwa semua uji coba nuklir dan rudal akan ditangguhkan, termasuk penutupan situs Punggye - ri yang telah "menyelesaikan misinya" menyelesaikan program nuklir.

Empat hari kemudian, surat kabar South China Morning Post (SCMP) melaporkan  bahwa fasilitas tersebut telah runtuh, mengancam "risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya" dari dampak radioaktif.

Surat kabar itu mengatakan situs Punggye - ri , yang terletak di dekat Gunung Mantap di timur laut Korea Utara, telah "dirusak" dan tak dapat diperbaiki menyusul tanah longsor.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved