Ini Pernyataan Sikap Bandung Lawyers Club Indonesia Atas Tragedi Bom Bunuh Diri di Surabaya

Bandung Lawyers Club Indonesia mengutuk atas tindakan keji dan tidak beradab dari sejumlah pelaku terorisme bom bunuh diri di Surabaya.

Ini Pernyataan Sikap Bandung Lawyers Club Indonesia Atas Tragedi Bom Bunuh Diri di Surabaya
ISTIMEWA

TRIBUNMANADO.CO.ID, SURABAYA - Bandung Lawyers Club Indonesia mengutuk atas tindakan keji dan tidak beradab dari sejumlah pelaku terorisme bom bunuh diri di Beberapa Gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018), yang menelan korban-korban tidak bersalah.

Oleh karena itu Bandung Lawyers Club Indonesia menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Saatnya Pemerintah serta aparatur penegak hukum bertindak tegas memberantas para pelaku dan jaringan terorisme sampai ke akar- akarnya.

2. Mendesak DPR RI untuk segera menetapkan Rancangan Undang- Undang Terorisme menjadi Undang- Undang Terorisme yang dapat segera diberlakukan di Indonesia.

3. Seluruh elemen Masyarakat perlu meningkatkan kerja sama dengan pemerintah dan aparat penegak hukum untuk memerangi terorisme dengan cara mewaspadai, mendeteksi, mengantisipasi sedini mungkin aktivitas terorisme yang ingin menghancurkan pluralisme dan mengubah dasar negara, Pancasila, UUD RI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

4. Masyarakat dihimbau untuk tidak takut terhadap gerakan para teroris serta tidak mudah termakan berita bohong (hoaks) terkait terorisme. Sebab, ketika masyarkat takut dan panik maka salah satu tujuan terorisme terwujud.

5. Masyarakat dihimbau untuk tidak menyebarluaskan dan atau mempublikasikan berita- berita terorisme yang justru dapat mempertebal ketakutan publik sekaligus menjadi sumber yang baik bagi teroris untuk memetakan keadaan masyakarat untuk melancarkan aksi teror selanjutnya.

6. Apabila ada indikasi kahadiran kelompok- kelompok asing yang tidak dikenal, masyarakat dihimbau segera melaporkan ke pihak berwajib (RT/RW dan aparat penegak hukum jika ada indikasi aktivitas yang mencurigakan)

7. Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, tidak terprovokasi aksi para teroris, dan tetap bahu- membahu menjaga perdamaian dan toleransi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikian pernyataan sikap Bandung Lawyers Club Indonesia.

Tertanda Dr iur Liona Nanang Supriatna SH MHum dan Dr Alfies Sihombing SH MH MM CLA.(Tribunmanado.co.id/Rilis)

Editor: Alexander Pattyranie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved