Merapi Alami Letusan Freatik, Warga Sitaro Waspadai Aktivitas Gunung Karangetan

Gunung Api Merapi di mengalami letusan freatik, pada Jumat (11/5/2018) pagi.

Merapi Alami Letusan Freatik, Warga Sitaro Waspadai Aktivitas Gunung Karangetan
TRIBUNMANADO/JHONLY KALETUANG
Kondisi Gunung Karangetang pada Jumat (11/5/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gunung Api Merapi di mengalami letusan freatik,  pada Jumat (11/5/2018) pagi.

Perisitiwa ini ikut membuat masyarakat di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) meningkatkan kewaspadaan terhadap Gunung Api Karangetang.

Pasalnya Gunung Karangetang yang berada ditengah pulau yang dikelilingi oleh pemukiman penduduk yang jaraknya tidak jauh.

"Menyaksikan di TV ada gunung yang erupsi, timbul ke gelisahan kami sebagai warga. Karena akhir-akhir ini sudah ada berapa gunung yang erupsi. Takutnya dapat juga terjadi di Karangetang," ungkap Erga Dirangga, warga Ulu Siau, Jumat (11/5/2018).

Untuk saat ini, memang Gunung Karangetang meskipun dalam skala kecil terus melakukan aktivitasnya, jadi sedikit menurunkan kegelisahan.

"Karena jika Karangetang 'tidur' terus, sekali bangun pasti dasyat erupsinya," tambanya.

Sementara itu, sesuai laporan pusat pengamatan Gunung Api Karangetang periode, (10-05-2018) sejak pukul 00:00-24:00 Wita, gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 100-150 m di atas kawah puncak.

"Untuk kegempaan sendiri terjadi beberapa kali, baik vulkanik maupun tektonik," kata Yudia Tatipang, Jumat (11/5/2018).

Meski begitu, masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung, atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas pada radius 1,5 km dari kawah aktif dan perluasan ke sektor Selatan, Tenggara, Barat dan Baratdaya sejauh 2,5 km.

"Karena mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari material hasil erupsi 2015 karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh," kuncinya

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help