KPUD Minsel Buka Pintu Bagi Warga Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa Selatan mempersilahkan seluruh warga untuk berkunjung ke 'Rumah Pintar Pemilu' saat launching

KPUD Minsel Buka Pintu Bagi Warga Berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu
Ist
Acara launching 'Rumah Pintar Pemilu' 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa Selatan (Minsel) mempersilahkan kepada seluruh warga untuk berkunjung ke 'Rumah Pintar Pemilu'.

Ketua KPUD Minsel, Doktor Fanley Pangemanan kepada www.TribunManado.co.id mengutarakan lokasinya berada di Sekretariat KPUD Minsel, Kelurahan Buyungon, Kecamatan Amurang.

"Acara launching 'Rumah Pintar Pemilu' sudah kami laksanakan, Rabu (9/5/2018). Di tempat ini masyarakat akan dapatkan banyak informasi seputar pemilu 2019," ucap dia, Jumat (11/5/2018).

Konsep 'Rumah Pintar Pemilu' menurut Pangemanan untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

Ini diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya.

Generasi inilah yang selain dapat menjadi pemilih cerdas, juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat.

"Materi edukasi yang disajikan dalam rumah pintar pemilu harus memuat sarana untuk memperkenalkan, memahamkan, menanamkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat terhadap pentingnya nilai nilai demokrasi.

Sarana itu dapat berupa sejarah, proses kepemiluan, dan simulasi proses pemilihan, rumah demokrasi juga harus dapat menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu dalam melahirkan gagasan pembaruan dan perbaikan proses politik dan demokrasi," tukasnya.

Dalam rumah pintar pemilu, paling tidak, terdapat empat klasifikasi ruangan yang memiliki fungsi penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi, dan ruang diskusi.

Keempat fungsi ruang itu tidak menjadi syarat mutlak, namun dapat dipadatkan menjadi satu, mempertimbangkan daya dukung dan ketersediaan sarana-prasarana di masing-masing daerah

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help