10 PNS Pemprov Terjerat Korupsi, Baru 2 PNS yang 'Dieksekusi'

10 PNS Pemprov Sulut yang tersandung kasus tindak pidana korupsi. Sesuai aturan, para PNS tersebut terpaksa harus dipecat.

10 PNS Pemprov Terjerat Korupsi, Baru 2 PNS yang 'Dieksekusi'
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Kantor pemerintah Sulawesi Utara 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sedikitnya 10 PNS Pemprov Sulut yang tersandung kasus tindak pidana korupsi (tipikor). Sesuai aturan, para PNS tersebut terpaksa harus dipecat.

10 PNS dari Pemprov Sulut merupakan bagian dari 83 PNS se Sulut yang tersangkut kasus korupsi. Badan Kepegawaian Nasional sudah merekomendasikan untuk proses pemecatan.

Andra Mawuntu, Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Aparatur, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut mengungkapkan, dari 10 PNS tersangkut Tipikor baru 2 yang keluar Surat Keputusan pemberhentian sebagai PNS

"Baru 2 yang sudah ada SK, 8 lagi sementera berproses," kata Andra ketika dikonfirmasi tribunmanado.co.id, Selasa (9/45/2018).

Proses dimaksud Andra yakni menunggu keputusan hukum tetap, dari dasar keputusan pengadilan, baru Pemprov bisa memproses pemecatan.

Sekretaris BKD Sulut, Dr Flora Krisen mengungkapkan, bagi PNS terbukti melakukan Tipikor lewat putusan pengadilan maka sanksinya Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

Sanksi ini menyebabkan PNS yang dipecat tidak akan menerima uang pensiun dari negara.

Namun ada hak-hak lain yang masih bisa diterima semisal Jaminan Hari Tua (JHT)

"Dana JHT ini kan dipotong dari gaji saat aktif bekerja," ujarnya. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help