Sulut Masuk 10 Besar Ekspor Produk Perikanan

Sulawesi Utara (Sulut) menjadi provinsi masuk 10 besar pengekspor produk perikanan ke berbagai negara di dunia.

Sulut Masuk 10 Besar Ekspor Produk Perikanan
TRIBUN MANADO/HERVIANSYAH
Sosialisasi Indonesia Technical Requirement Information System (Inatrims) Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Sulut, Selasa (8/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sulawesi Utara (Sulut) menjadi provinsi masuk 10 besar pengekspor produk perikanan ke berbagai negara di dunia.

"Sulut masuk 10 besar provinsi pengekspor produk perikanan," ujar Kepala Sub Direktorat Pemetaan dan Akses Pasar Luar Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Jaya wijaya.

Hal itu ia sampaikan dalam Sosialisasi Indonesia Technical Requirement Information System (Inatrims) Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Sulut, Selasa (8/5/2018).

Untuk itu hasil produk perikanan harus terus ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitas.

Hal ini agar semakin luas pasar ekspor dari produk perikanan.

Mutu dan keamanan hasil perikanan diatur melalui PP Nomor 57 Tahun 2015 tentang sistem program perikanan dan keamanan hasil perikanan serta peningkatan nilai tambah perikanan.

Sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan adalah upaya pencegahan dan pengendalian yang harus diperhatikan dan dilakukan sejak reproduksi sampai dengan pendistribusiab untuk menghasilkan perikanan yang bermutu dsn aman bagi kesehatan.

Untuk itu eksportir harus memenuhi prasyarat dari negara tujuan, sehingga produknya bisa diterima di negara tersebut. (Tribun Manado/Herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help