AJI Manado Bekali Belasan Mahasiswa Calon Anggota UKM Pers Politeknik Negeri Manado 

Menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, sejumlah materi didapatkan 12 Anggota baru UKM dalam pelatihan ini.

AJI Manado Bekali Belasan Mahasiswa Calon Anggota UKM Pers Politeknik Negeri Manado 
Istimewa
Peserta dan panitia pelatihan, pengurus UKM Pers Polimdo bersama personel AJI Manado diabadikan usai Pelatihan Jurnalistik Dasar UKM Pers Polimdo, Sabtu (5/4/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Jumat hingga Sabtu 4-5 Mei 2018 bertempat di lantai 4 gedung kantor pusat, menggelar pelatihan Jurnalistik untuk anggota baru UKM yang mengelola portal The Camp ini.

Menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, sejumlah materi didapatkan 12 Anggota baru UKM dalam pelatihan ini. Materi yang didapatkan adalah Kode Etik Jurnalis, Sejarah AJI, Teknik Reportase, Wawancara dan Membuat Berita, Media Online dan Fotografi serta yang paling utama adalah praktek jurnalistik.

Ketua Panitia Pelatihan, Michelle Tirayoh menyebutkan dasar-dasar jurnalistik penting untuk diberikan kepada para anggota baru UKM Pers agar mereka lebih mengenal dunia jurnalistik sehingga lebih paham cara kerja jurnalistik walaupun sebatas Pers kampus.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap penerimaan anggota baru dan memiliki tujuan untuk memberikan dasar dan pemahaman apa itu dunia jurnalistik," tutur Tirayoh.

Dalam pelatihan jurnalistik ini sendiri, para peserta terlihat begitu aktif di semua materi yang diberikan. Peserta pun menjadi lebih heboh saat praktikum jurnalistik dimulai. Diberikan tugas untuk menjadi reporter, para anggota baru UKM Pers Polimdo ini melakukan wawancara kepada para narasumber dan juga panitia.

"Kami merasa senang walaupun masih merasa gugup karena ini pertama kali kami mewawancarai seseorang. Kemudian kami disuruh menulis berita hasil wawancara. Tetapi, kegiatan ini cukup membuka wawasan kami," kata para peserta seusai kegiatan.

Sekretaris AJI Manado, Fernando Lumowa menjelaskan, AJI sangat mendukung semua kegiatan pers kampus terkait jurnalistik. Apalagi menurut pewarta di harian Tribun Manado ini, pers kampus memiliki peranan tersendiri untuk perkembangan dunia pendidikan di lingkup kampus sendiri, karena paling mengetahui seluk beluk yang terjadi di lingkungannya.

"AJI Manado sendiri sudah tahun ke 5 bekerjasama dengan UKM Pers Polimdo. Kami juga sering memberikan pelatihan di kampus-kampus maupun organisasi ekstra kampus lainnya," kata Nando, sapaan akrabnya.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved