Kunjungi Otban 8 Manado, Komisi V DPR RI Siap Kawal Pengembangan Bandara Samrat

Komisi V DPR RI mendukung program pengembangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Kunjungi Otban 8 Manado, Komisi V DPR RI Siap Kawal Pengembangan Bandara Samrat
Kantor Otban 8 Manado
Kunjungan Komisi V DPR RI ke Bandara Samrat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Komisi V DPR RI mendukung program pengembangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Bambang Haryo Soekartono, personel Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja ke Kantor Otoritas Bandara (Otban) 8 Manado, Selasa (01/05/2018), mengatakan, dalam reses ini pihaknya melihat kondisi dan perkembangan transportasi udara di Sulawesi Utara.

Dalam pertemuan dengan jajaran Otban 8 Manado dan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Bambang menerima laporan sekaligus masukan terkait program Pemprov Sulut yang menargetkan angka turis mancanegara dari 200 ribu menjadi 500 ribu setahun.

“Karena itu harus disertai peningkatan kapasitas angkut terminal, runway dan fasilitas penunjang lainnya,” ujar Bambang.

Menurutnya, dalam pertemuan itu terungkap Pavement Capacity Number (PCN)–skala kapasitas runway dan apron–Bandara Samrat sudah cukup. Skala Bandara Samrat 82 yang bisa menampung pesawat wide body (berbadan lebar).

Namun karena kontur sekitar bandara yang berbukit-bukit sehingga memang, permintaan Gubernur Sulut untuk memperpanjang runway agaknya memang dibutuhkan. “Mungkin jika ditambah jadi 3.000 meter lebih aman,” jelasnya.

Ia mengingatkan bahwa. Kemudian, soal jalur keluar masuk pesawat (taxi way) perlu ditingkatkan dari saat ini 15 menjadi dua kali lipat.

Terkait operasional bandara yang sudah 24 jam, Bambang mengapresiasi jajaran PT AP I, Otban 8 Manado dan Pemprov Sulut.

“Intinya kami menerima masukan dan siap mengawal apa yang menjadi kebutuhan di sini dalam rangka peningkatan pariwisata dan pelayanan penumpang,” katanya.

Kepala Otban 8 Manado, Letkol Pnb Sarmanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi perhatian Komisi V DPR RI yang menyempatkan mendengar pendapat dan masukan pihak-pihak pelaksana penerbangan sipil di Manado.

“Kami berupaya melaksanakan pengamanan bandara sebagaimana regulasi berlaku,” ujarnya.

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help