KPU Validasi Specimen Surat Suara di Pilkada Mitra, JS-Oke Ingin Foto Lebih Terang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara melakukan cek dan ricek surat suara pada pilkada Mitra 2018 sebelum akan dicetak.

KPU Validasi Specimen Surat Suara di Pilkada Mitra, JS-Oke Ingin Foto Lebih Terang
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Penelitian dan pengecekatan specimen surat suara dari calon wakil Jesaja Jocke Legi dan Hendra Paat penghubungan calon bupati James Sumendap 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara melakukan cek dan ricek surat suara pada pilkada Mitra 2018 sebelum akan dicetak.

Dalam rapat validasi specimen surat suara, berlangsung di ruang rapat KPU Mitra dihadiri dihadiri oleh Jesaja Jocke Legi calon wakil Bupati Mitra serta Hendra Paat tim penghubung calon Bupati James Sumendap.

Menurut Aske Benu ketua KPU Mitra, validasi ini perlu dilakukan pengecekan atas foto paslon yang dimasukkan sebelumnya sesuai dengan aturan KPU nomor 43 tahun 2018 tentang desain surat suara, KPU ingin mendapat persetujuan dari paslon.

"Jika disetujui specimen akan dikirim kembali untuk dicetak, kiri kanan atas kebawah jarak antara kolom juga ditata sebagaimana keputusan KPU nomor 43 tahun 2018," jelas Aske.

Lanjutnya, dalam proses pencetakan surat suara dibuat bagian depan dan belakang karena sebelum tampilan kolom paslon dan tidak bergambar kertas atau surat suara akan dilipat. Adapun untuk tender e-katalog kpu RI, akan di kawal KPU dan tim paslon mengenai pencetakan surat suara.

Penelitian dan pengecekatan specimen surat suara dari calon waki Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi dan Hendra Paat penghubungan calon bupati James Sumendap
Penelitian dan pengecekatan specimen surat suara dari calon waki Bupati Mitra Jesaja Jocke Legi dan Hendra Paat penghubungan calon bupati James Sumendap (TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE)

Jesaja Jocke Legi, calon waki Bupati Mitra berkeinginan agar foto dirinya dengan calon Bupati James Sumendap yang dimasukkan untuk keperluan bahan dan alat peraga kampanya (APK) mau dibuat lebih terang lagi kualitas gambarnya.

"Ada sedikit gelap fotonya harus diterangi lagi tapi tetap dengan fotonya itu saja, harus dibuat terang karena ini surat suara, harus terang karena kalau lansia atau orang tua yang melihat akan ditanyakan siapa didalam gambar surat suara," kata Legi.

Hendra Paat tim penghubung calon bupati James Sumendap, meminta waktu 1x24 jam untuk berkoordinasi dengan calon bupati yang sedang berada di luar negeri.

"Bapak sedang ada urusan tidak tempat. Jadi mau tanya dulu apakah pakai foto itu saja dengan menambah resolusinya atau tidak," kata Hendra.

Terpisah Yuli Ranti, Kasubag bidang program dan data KPU Mitra menambahkan dalam memasukkan foto atau gambar paslon ada ketentuan besaran megapixel.

"Harus 150 sampai 300 megapixel, yang diserahkan pasangan calon kepada KPU hanya 75 megapixel," kata Yuli.

Untuk itulah ada keinginan paslon dan tim untuk membuat foto yang sudah ada lebih terang sehingga diberikan waktu 1x24 jam hingga besok Kamis (3/5/2018) pukul 13.00 Wita.

"Maka dari itu rapat validasi specimen di skors hingga besok. Kemudian jika sudah ditetapkan akan dikomunikasikan dengan percetakan di Jakarta untuk proses cetak specimennya," tukasnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help