Hardiknas 2018 di Mitra - Banyak Peserta Main Ponsel hingga Nyaris Pingsan

Peringatan Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), digelar di halaman kantor Bupati Mitra

Hardiknas 2018 di Mitra - Banyak Peserta Main Ponsel hingga Nyaris Pingsan
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Peserta pakai payung saat pelaksanaan upacara bendera dalam rangka hardiknas di Kabupaten Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Peringatan Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), digelar di halaman kantor Bupati Mitra, Rabu (2/5/2018) pagi.

Saat pelaksanaan upacara berlangsung, tak sedikit para peserta upacara dari kalangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah dasar (SD), tak sanggup mengikuti upacara dengan baik dana benar karena mengalangi gangguan kesehatan.

"Ada yang pusing, sakit maag tidak sarapan sehingga harus dikeluarkan dari arisan kemudian dibawa rawat di keluar lokasi pelaksanaan upacara," kata seorang guru yang membantu seorang siswa pria yang sedang sakit.

Tak hanya itu, disaat plt Bupati Mitra Ronald Kandoli  tengah membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, peserta upacara dibagian paling belakang terlibat percakapan satu dengan yang lainnya.

Mereka memainkan handphone, ada yang sibuk swafoto (selfie) hingga membuka payung untuk terhindar dari sinar terik matahari pagi.

Selain itu pemandangan keluar dari barisan dilakukan oleh sejumlah peserta upacara, disaat plt Bupati Mitra membacakan sambutan menteri.

Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah seorang guru wanita, menggenakan peci hitam, kemeja putih dan rok hitam berdiri tegak ditengah lapangan menghadap Tribun utama.

Siswa peserta upacara hardiknas harus dibopong keluar lokasi upacara di Kantor Bupati Mitra pada Rabu (2/5/2018)
Siswa peserta upacara hardiknas harus dibopong keluar lokasi upacara di Kantor Bupati Mitra pada Rabu (2/5/2018) (TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE)

Plt Bupati Minagasa Tenggara, Ronald Kandoli dalam membacakan  sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menekankan tentang penguatan pendidikan memajukan kebudayaan sebagai tema tahun ini.

Antara pendidikan dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat. Melalui pemerintahan Joko Widodo mencanangkan prioritas dalam sektor sumber daya manusia (SDM), untuk tantangan internal dan eksternal.

Tantangan eksternal mengenai sikap dan prilaku anak sekolah tegerus akal budi dan moralitas akibat informasi media sosial.

"Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka hardiknas dirangkaikan dengan apel perdana pemerintah kabupaten Mitra, diawal bulan Mei 2018," kata Djelly Warius kepala dinas pendidikan daerah (Dikda) Kabupaten Mitra.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help