Home »

Opini

Renungan Harian Keluarga

RHK Selasa, 1 Mei 2018: Mengakhiri Konflik

Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan kondisi hidup dimana ia harus mengambil suatu keputusan.

RHK Selasa, 1 Mei 2018: Mengakhiri Konflik
Netralnews.com
Alkitab 

1 Raja-Raja 12:19

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan kondisi hidup dimana ia harus mengambil suatu keputusan. Dalam hal-hal tertentu, terkadang kita memerlukan saran atau nasihat orang lain untuk dapat membantu kita dalam menentukan sikap seba-gai bentuk penyelesaian atas problem yang dihadapi.

Kita ditun-tut untuk menjadi bijaksana menyikapi setiap problem, sebab kekeliruan dalam menentukan sikap atau mengambil keputusan dapat mengakibatkan kerugian besar dan hilangnya sesuatu yang sangat berarti dalam hidup.

Rehabeam harus menerima risiko akibat kesalahan dalam meng-ambil keputusan. Nasihat para tua-tua yang sebelumnya telah mendampingi ayahnya Salomo ia abaikan, dan lebih memilih saran dan nasihat kaum muda yang haus akan kekuasaan serta tanpa pertimbangan yang matang.

Akibat keputusan yang salah, Rehabeam ditinggalkan oleh sebagian besar rakyatnya, bahkan lebih buruk dari itu, Rehabeam kehilangan sebahagian besar wilayah kekuasaannya.

Penyelesaian yang tidak tuntas sering membuat konflik berke-panjangan dan berdampak buruk dalam perjalanan hidup selan-jutnya, baik pribadi maupun bersama. Karena itu sikap bijak-sana sangat diperlukan guna menentukan langkah penyelesaian terbaik, tepat dan tuntas, sehingga terhindar dari konflik yang berkepanjangan. Amin.

Doa: Tuhan, biarlah kiranya hikmat-Mu senantiasa menaungi kami, agar kami selalu beroleh hati yang bijaksana. Supaya, kami selalu memiliki kemampuan untuk memutuskan atau menyele-saikan dengan baik dan tepat setiap masalah yang kami jumpai dalam perjalanan hidup. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help