Home »

Opini

Renungan Harian Keluarga

RENUNGAN: Memelihara Sikap Peduli

Persekutuan yang kokoh merupakan kekuatan dan penopang untuk dapat mewujudkan harapan dalam hidup. Karena itu keutuhan per-sekutuan

RENUNGAN: Memelihara Sikap Peduli
NET
Ilustrasi Holy Bible 

1 Raja-Raja 12:18

PERSEKUTUAN  yang kokoh merupakan kekuatan dan penopang untuk dapat mewujudkan harapan dalam hidup. Karena itu keutuhan per-sekutuan perlu terus dipelihara dan diperkokoh.

Hal yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara harmoni kehidupan ber-sama adalah: adanya sikap saling peduli dimana satu dengan yang lain saling memperhatikan, saling membantu dan saling menopang dalam pergumulan dan perjuangan hidup.

Sebagian besar bangsa Israel (terutama yang berada di bagian utara) telah lama berjuang untuk mewujudkan harapan mereka untuk ber-oleh keringanan atas beban kerja dan tuntutan pajak yang berat.

Perjuangan ini mereka lakukan sejak Raja Salomo memerintah, kemudian mereka lanjutkan lagi ketika Rehabeam naik tahta meng-gantikan ayahnya, Salomo. Namun betapa kecewanya mereka melihat sikap sang raja yang tidak peduli terhadap harapan mereka. Kekecewaan berubah menjadi amarah yang berujung pada per-nyataan sikap untuk memisahkan diri, meninggalkan bangsa itu dan membentuk pemerintahan sendiri.

Hilangnya rasa peduli, dapat mengakibatkan terjadinya keretakan hubungan dalam persekutuan, termasuk keluarga. Karena itu Firman Tuhan hari ini mengajak setiap keluarga agar tetap menjaga keutuhan persekutuan keluarga dengan saling memperhatikan, saling membantu dan saling menopang guna menggapai cita-cita dan harapan bersama. Amin.

Doa: Tuhan, peliharalah kami dalam kehidupan yang penuh kasih dan persaudaraan yang tulus. Mampukanlah kami untuk saling mem-perhatikan, membantu dan menopang satu dengan yang lain dalam usaha dan perjuangan guna mewujudkan impian dan harapan-harapan kami. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help