Home »

Opini

Renungan Harian Keluarga

RENUNGAN: Belajar Mendengar

SEORANG pemimpin harus mampu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan dirinya. Karena itu, dalam menjalan-kan tanggung jawabnya

RENUNGAN: Belajar Mendengar
ilustrasi 

1 Raja-Raja 12:16-17

SEORANG pemimpin harus mampu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan dirinya. Karena itu, dalam menjalan-kan tanggung jawabnya, ia harus peka terhadap keluhan dan aspirasi komunitas yang dipimpinnya.

Ia harus terbuka dan mem-buka diri terhadap saran dan pendapat orang lain serta bijaksana dalam mengambil keputusan demi kepentingan banyak orang.

Rehabeam, raja Israel yang menggantikan ayahnya yaitu Salomo gagal dalam menempatkan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama dalam penyelenggaraan kepemimpinannya. Ia kehilangan kepekaan terhadap penderitaan rakyatnya sehingga tidak dapat mendengar dan menyerap aspirasi umat yang menderita karena beratnya beban hidup yang harus ditanggung.

Sikap yang tidak bijaksana Rehabeam telah mendorongnya mengambil keputusan yang keliru. Akibatnya, ia kehilangan kepercayaan dan dukungan sebagian besar rakyat, bahkan sikapnya itu memicu terjadinya pemberontakan yang berakhir dengan terjadinya perpecahan kerajaan.

Nas bacaan hari ini mengajarkan kepada kita betapa pentingnya pengendalian diri terhadap kepentingan dan keinginan-keinginan pribadi serta terus berusaha membangun dan memelihara perilaku hidup yang peduli terhadap kepentingan orang lain. Masalah-masalah yang dijumpai dalam hidup perlu disikapi secara bijaksana agar keputusan-keputusan yang diambil menjadi solusi yang tepat untuk terbebas dari kemelut hidup. Amin.

Doa : Tuhan, jauhkanlah kiranya kami dari sikap dan perilaku hidup yang hanya mementingkan diri sendiri. Berikanlah kami kemampuan dan kemauan untuk saling mendengar dan memper-hatikan satu dengan yang lain. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help