4 Cara Mendeteksi Sindrom Autisme Sejak Dini, Silahkan Dicek Moms

Diagnosis autisme yang tepat sejak usia dini sangat membantu mengurangi gejala autisme agar tidak berkembang semakin buruk.

4 Cara Mendeteksi Sindrom Autisme Sejak Dini, Silahkan Dicek Moms
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Diagnosis autisme yang tepat sejak usia dini sangat membantu mengurangi gejala autisme agar tidak berkembang semakin buruk.

Karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengenali gejala-gejalanya pada bayi mereka.

Memang tidak mudah mendeteksi autisme. Dibutuhkan ketajaman pengamatan orangtua dan dokter.

Namun, menurut para peneliti dari Yale University School of Medicine, gejala autisme mungkin sudah tampak pada bayi berusia 6 bulan.

Pada tahapan usia tersebut, anak-anak yang didiagnosis autisme biasanya tidak terlalu peduli pada orang di sekitarnya dan juga aktivitasnya, dibandingkan dengan anak-anak yang normal.

Pada umumnya, anak yang menyandang autisme memang mengalami masalah perkembangan dengan tiga ciri utama, yaitu gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, selain keterbatasan minat dan imajinasi.

Biasanya, pemeriksaan oleh dokter anak diikuti oleh kemungkinan diagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme, dengan bantuan ahli autisme, observasi anak, tes medis dan banyak lagi.

Seseorang dapat mempertimbangkan untuk pemeriksaan lebih lanjut jika tanda-tanda berikut ini dilihat semakin ke tingkat yang memprihatinkan:

1. Melakukan perilaku berulang

Echolalia, suatu kondisi di mana seseorang secara berlebihan mengulang kata atau frasa yang sama, dianggap sebagai tanda umum pada anak-anak autistik.

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved