Pengawalan Kim Jong Un Terbaik di Dunia: Semut pun Takkan Lewat

Pengamanan setiap kepala negara yang melakukan kunjungan dinas memang amat ketat, tak terkecuali pengamanan

Pengawalan Kim Jong Un Terbaik di Dunia: Semut pun Takkan Lewat
Kompas.com
Pengawalan ketat Kim Jong Un 

SEOUL, KOMPAS.com — Pengamanan setiap kepala negara yang melakukan kunjungan dinas memang amat ketat, tak terkecuali pengamanan bagi Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Saat Kim Jong Un melangkah menuju perbatasan kedua Korea, Jumat (27/4/2018), sekelompok anggota pasukan keamanan yang dipilih atas dasar kebugaran, kemampuan menembak, kemampuan bela diri, dan bahkan ketampanan, mendampingi sang pemimpin.

Mengenakan setelan rapi lengkap dengan dasi biru bergaris putih yang serasi dengan setelan yang mereka kenakan, belasan pria ini berdiri di depan dan di sekeliling Kim Jong Un saat dia mendekati garis demarkasi.

Di garis demarkasi itulah, Kim Jong Un bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebelum melangkahkan kaki melintasi perbatasan kedua negara.

Baca: Guyonan Kim Jong Un ke Presiden Moon: Lintas Batas, Kereta Cepat hingga Unifikasi

Di balik setelan para pria itu terlihat sesuatu yang menonjol, kemungkinan besar adalah senjata api.

Mereka semua mengenakan pin merah Korea Utara dan earphone seperti yang biasa digunakan Secret Service, pasukan pengamanan presiden AS.

Komando Garda, pasukan yang bertugas menjamin keselamatan sang pemimpin, adalah satuan elite yang berada di lingkar terdekat kepemimpinan Korea Utara.

Ri Yong Guk, seorang pembelot dari Korea Utara yang pernah bertugas menjadi anggota pasukan pengamanan Kim Jong Il, dalam memoar yang dituliskannya pada 2013 menggambarkan ketatnya pengamanan Pemimpin Korut itu.

Setidaknya terdapat enam lapis pengamanan untuk Kim Jong Il saat sang pemimpin melakukan kunjungan ke daerah, unit-unit militer, pabrik, atau pertanian.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved