Guyonan Kim Jong Un ke Presiden Moon: Lintas Batas, Kereta Cepat hingga Unifikasi

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mempunyai selera humor unik dalam Konferensi

Guyonan Kim Jong Un ke Presiden Moon: Lintas Batas, Kereta Cepat hingga Unifikasi
TRIBUNNEWS
Korea Summit Press Pool Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In (kiri) berjalan beriringan melewati garis perbatasan Desa Panmunjom, zona demiliterisasi. 

 
TRIBUNMANADO.CO.ID, PANMUNJOM — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mempunyai selera humor unik dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea pada Jumat (27/4/2018).

Sekretaris Senior Kepresidenan Bidang Relasi Publik Korea Selatan (Korsel) Yoon Young-chan membeberkan isi percakapan Kim dengan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Dilansir Newsweek, ketika pertama kali bertemu dengan Moon, Kim melakukan aksi simbolik dengan melompati garis demarkasi militer menuju Gedung Perdamaian, lokasi KTT.

"Cukup mudah sebenarnya. Namun, butuh waktu 11 tahun bagi kami untuk sampai ke sini," kelakar Kim dilansir dari Business Insider.

Ucapan Kim itu merujuk kepada KTT Antar-Korea terakhir yang terjadi pada 2 dan 4 Oktober 2007 di Pyongyang, ibu kota Korut.

"Garis demarkasi ini, yang sebenarnya tidak terlalu tinggi, bakal menghilang ketika banyak orang melewatinya," kata Kim.

Yoon menjelaskan, pernyataan Kim itu menyiratkan niat untuk rekonsiliasi. Atau, dalam retorika Korut, reunifikasi.

Ketika Kim melangkahkan kaki ke kawasan Korsel, Moon sempat bertanya kapan dia bisa mengunjungi Korut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kanan) berpegangan tangan saat mereka melangkah bersama melewati Garis Demarkasi Militer yang membagi negara mereka di Panmunjom, Jumat (27/4/2018).
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kanan) berpegangan tangan saat mereka melangkah bersama melewati Garis Demarkasi Militer yang membagi negara mereka di Panmunjom, Jumat (27/4/2018). (AFP/Korea Summit Press Pool)

"Bagaimana kalau kita melewatinya bersama-sama?" tanya Kim merespons Moon. Kim kemudian menggandeng tangan Moon, dan mereka berdua menginjakkan kaki di kawasan Korut.

Keduanya kemudian mendiskusikan perjalanan yang mereka capai untuk menggelar KTT ketika Kim membahas kesulitan Moon untuk tidur nyenyak.

Kim berkaca kepada langkah Korut yang melakukan uji coba nuklir maupun rudal balistik antar-benua (ICBM).

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved