Ini yang Ditulis Kim Jong Un di Buku Tamu saat Bertemu Presiden Korsel Moon Jae In

Menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan kacamata dan setelan Mao

Ini yang Ditulis Kim Jong Un di Buku Tamu saat Bertemu Presiden Korsel Moon Jae In
TRIBUNNEWS
Korea Summit Press Pool Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In (kiri) berjalan beriringan melewati garis perbatasan Desa Panmunjom, zona demiliterisasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOREA SELATAN - Menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan kacamata dan setelan Mao hitamnya yang sangat khas.

Sedangkan delegasi Korea Utara yang mendampinginya, tampak mengenakan seragam militer.

Masyarakat menyaksikan layar televisi yang memperlihatkan cuplikan langsung pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Jumat (27/4/2018).
Masyarakat menyaksikan layar televisi yang memperlihatkan cuplikan langsung pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Jumat (27/4/2018). (AFP/Jung Yeon-je)

Dikutip dari laman ABC News, Jumat (27/4/2018), kedatangan Kim disapa ramah oleh Moon, keduanya pun berjabat tangan di garis perbatasan gencatan senjata di garis demarkasi di wilayah gencatan senjata, perbatasan Desa Panmunjom, zona demiliterisasi (DMZ) antar negara.

Kim dan Moon kemudian berjalan ke Rumah Perdamaian di desa itu. "Sejarah baru sekarang telah dimulai, era kedamaian, dari titik awal sejarah," tulis Kim dalam bahasa Korea di buku tamu, kemudian ia juga menandatanganinya.

Selama pertemuan itu, Kim menyampaikan kepada Moon bahwa kedatangannya tersebut dimaksudkan untuk mengakhiri sejarah konflik antara kedua negara Korea itu.

Kim pun sempat melontarkan candaan bahwa ia meminta maaf karena telah menahan rencana Moon yang akan melakukan tes misilnya pada dini hari, kata seorang pejabat Korea Selatan.

Selain itu Kim juga mengatakan, dirinya ingin mengunjungi Istana Presiden di Seoul, tentunya ia juga berharap bisa lebih sering bertemu dengan Moon pada kesempatan lainnya.

Setelah melakukan perbincangan pribadi kurang dari dua jam, Kim pun dibawa kembali ke sisi Utara menggunakan limosin hitam didampingi oleh penjaga yang berlari di sisi mobilnya, ia diantar tepat sebelum siang hari.

Kim Jong Un bersama rombongan saat berkunjung ke Korsel
Kim Jong Un bersama rombongan saat berkunjung ke Korsel (TRIBUNNEWS)

Terkait kegiatan yang akan dilakukan Kim bersama Moon pada hari ini, diperkirakan akan berlangsung selama beberapa jam dan berakhir dengan sesi makan malam. 

Keduanya terlebih dahulu akan makan siang bersama, kemudian Kim dan Moon dijadwalkan menanam 'pohon penanda peringatan' sebelum melanjutkan pertemuan mereka.

Halaman
123
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved