Rustyawati Sebut Sinergitas Pemda Tentukan Keberhasilan Program Pengawasan Obat dan Makanan

Sinergitas BBPOM di Manado dan pemerintah daerah menentukan keperhasilan program pengawasan obat dan makanan

Rustyawati Sebut Sinergitas Pemda Tentukan Keberhasilan Program Pengawasan Obat dan Makanan
TRIBUNMANADO/INDRY PANIGORO
Workshop Gerakan Labelisasi PSS Bebas Bahan Berbahaya dan Sosialisasi Labelisasi Halal di Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Manado, Kamis (26/4/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Sinergitas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Manado dan pemerintah daerah menentukan keperhasilan program pengawasan obat dan makanan di Sulawesi Utara dalam menjamin keamanan Pangan Siap Saji (PSS) dari bahan berbahaya dan pembinaan dan pengawasan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).

Hal itu dikatakan Kepala Balai Besar POM Manado, Rustyawati dalam workshop Gerakan Labelisasi PSS Bebas Bahan Berbahaya dan Sosialisasi Labelisasi Halal di Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Manado, Kamis (26/4/2018).

“Gerakan labelisasi PSS bebas bahan berbahaya, tidak akan berhasil jika hanya jalan sendiri. Oleh karena itu, kami melibatkan unit kerja pemerintah daerah, seperti Disperindag, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kesehatan," kata Rustyawati.

Kata dia lagi, guna menjalankan peran optimalisasi tak hanya diperlukan fungsi pengawasan saja.

“Balai Besar POM di Manado terus mendorong implementasi Tim Terpadu Pengawasan Bahan Berbahaya yang telah ada untuk melakukan penjaminan keamanan Pangan Siap Saji (PSS) seperti restoran dan rumah makan,” bebernya.

“Oleh karena itu, jalinan mitra kerja yang kondusif semakin diharapkan, terlebih implementasi persyaratan IRTP yang telah dilakukan pada tahun 2017 dan diarahkan untuk 15 Kabupaten/Kota di daerah ini, sampai saat ini baru mencapai 20 persen atau baru 3 Kabupaten/Kota yang sudah mengimplementasikan aplikasi SPP-IRT,” tambah Rustyawati.

Diketahui, ada tiga Peraturan Kepala Badan POM RI yang mengatur Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).

Selain mengenai cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga (CPPB-IRT), ada juga aturan soal pedoman pemeriksaan sarana produksi industri rumah tangga pangan (IRTP), serta pedoman sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT).

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help