Ingin Punya Mental Sehat? Konsumsi Buah dan Sayur Mentah!

Bagi Anda yang ingin memiliki mental yang sehat, para peneliti menyarankan untuk lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan mentah.

Ingin Punya Mental Sehat? Konsumsi Buah dan Sayur Mentah!
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi Anda yang ingin memiliki mental yang sehat, para peneliti menyarankan untuk lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan mentah. 

Saat pulang dari belanja di pasar, tidak ada salahnya untuk tidak segera memasak sayuran dan buah-buahan.

Mengapa begitu? Menurut para peneliti, nutrisi di dalam buah-buahan dan sayuran mentah terkait erat dengan kesehatan mental kita.

" Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran yang 'tidak dimodifikasi' ternyata lebih kuat mempengaruhi kesehatan mental kita untuk menjadi lebih baik, dibandingkan buah atau sayuran yang dimasak terlebih dahulu," kata Dr. Tamlin Conner, peneliti senior dikutip dari Eurekalert, Minggu (15/04/2018).

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology ini, para peneliti menemukan kesehatan mental secara khusus juga dipengaruhi cara penyiapan dan konsumsi produk makanan.

Dr Conner percaya, memasak dan mengolah buah serta sayuran memiliki potensi untuk mengurangi tingkat gizi.

Para ahli di Universitas Otago, Selandia Baru tersebut menjelaskan, sayuran dan buah-buahan yang dimasak atau diolah dan yang disimpan dalam kemasan kaleng, nilai gizinya sudah banyak berkurang. Proses memasak dan pengolahan diduga menjadi penyebab hilangnya gizi.

"Kandungan gizi yang berkurang akan membatasi pengiriman nutrisi yang penting untuk fungsi emosional yang optimal," kata Dr Conner.

Selain itu, Conner berkata, kampanye makan buah dan sayuran saat ini hanya fokus pada masalah kuantitas saja. Padahal, cara penyajian dan bagaimana mengkonsumsinya juga sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk mendapat temuan ini, Dr Conner melakukan penelitian yang melibatkan 400 anak muda di Selandia baru dan Amerika Serikat. Para peserta berusia sekitar 18-25 tahun.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved