Home »

News

» Sains

Pengganti Kondom dan Vasektomi, Pil Kontrasepsi Pria Tanpa Efek Samping Telah Ditemukan

Dengan penemuan EP055 ini diharapkan obat kontrasepsi pria yang aman akan tersedia dalam satu dekade ini

Pengganti Kondom dan Vasektomi, Pil Kontrasepsi Pria Tanpa Efek Samping Telah Ditemukan
IST
Ilustrasi sperma. 

TRIBUNMANADO.OC.ID, PORTLAND - Sejumlah ilmuwan berhasil melakukan uji coba pil kontrasepsi yang dapat membatasi gerakan sperma tanpa mengakibatkan efek samping.

Dilansir dari warta The Independent, Minggu (22/04/2018), selama studi di Pusat Penelitian Primata Nasional Oregon, Amerika Serikat, obat yang untuk sementara dinamakan EP055 diujicobakan kepada seekor kera.

Obat itu menyasar protein pada permukaan sperma sehingga membatasi kemampuannya untuk bergerak.

“Penjelasan sederhananya, senyawa (pada obat) itu melumpuhkan sperma untuk berenang, sehingga membatasi kemampuan pembuahannya," kata peneliti utama Michael O'Rand.

“Hal ini menjadikan EP055 sebagai calon untuk kontrasepsi non-hormonal lelaki,” lanjut dia.

Baca: Ini 4 Pilihan Kontrasepsi Pria, yang Mana Favoritmu ?

Selama ini pilihan kontrasepsi untuk pria hanya kondom dan vaksektomi. Dengan penemuan EP055 ini diharapkan obat kontrasepsi pria yang aman akan tersedia dalam satu dekade ini.

Saat ini memang ada sejumlah kontrasepsi potensial lainnya untuk pria yang menyasar produksi sperma, tapi jenis-jenisnya hanya untuk memengaruhi hormon seperti kontrasepsi untuk wanita.

Misalnya pada 2016 lalu ada penemuan kontrasepsi suntik untuk pria yang juga efektif, namun berisiko tinggi efek samping.

Hampir setengah dari jumlah pria yang menjadi obyek uji coba mengaku menjadi jerawatan, beberapa di antaranya mengalami gangguan perasaan, dan sekitar lima persen kondisi spermanya tak terjaga setelah mengonsumsi obat.

Halaman
12
Penulis: maximus conterius
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help