Dinkes Terus Edukasi Masyarakat dan Guru Meminimalisasi Kasus DBD

Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus bekerja keras untuk memberantas dan meminimalisasi kasus demam berdarah.

Dinkes Terus Edukasi Masyarakat dan Guru Meminimalisasi Kasus DBD
ISTIMEWA
Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus bekerja keras untuk memberantas dan meminimalisasi kasus demam berdarah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus bekerja keras untuk memberantas dan meminimalisasi kasus demam berdarah.

Kepala Dinas Kesehatan Sahara Albugis melalui Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Keswa Wiyono SST berkata kepada Tribun Manado Selasa (24/4/2018), khusus hari dilakukan investigasi sekaligus membangun jejaring kerja institusi pendidik.

"Kami membangun jejaring kerja di institusi pendidikan, lembaga edukasi untuk membangun informasi peduli lingkungan dalam gerakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), 3MPlus," ujarnya Wiyono.

Ia menjelaskan kepada para guru serta masyarakat di Dumoga bagaimana penanganan DBD.

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat serta guru untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

Program PSN, yakni menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk,
menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Berdasarkan data Dinkes, kasus DBD di Bolmong sampai April ada 29 kasus. Tidak ada korban meninggal dunia. (Tribunmanado.co.id/Handhika Dawangi)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help