Gara-gara Sebut Obat Tradisional Racun, Dokter di China Dijeblos ke Penjara

Seorang dokter di China ditahan selama tiga bulan tanpa dakwaan setelah menyebut sebuah

Gara-gara Sebut  Obat Tradisional Racun, Dokter di China Dijeblos ke Penjara
Kompas.com/Lusia Kus Anna
Tanaman obat tradisional temulawak. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BEIJING — Seorang dokter di China ditahan selama tiga bulan tanpa dakwaan setelah menyebut sebuah ramuan tradisional ternama sebagai "racun".

Tan Qindong, nama dokter itu, ditahan setelah perusahaan pembuat obat tradisional "Hongmao Traditional Liquor" menuding sang dokter mencemarkan nama baik produknya di media sosial.

Tan ditangkap di rumahnya di kota Guangzhou pada 10 Januari lalu dan dibawa ke markas kepolisian Mongolia Dalam, sekitar 2.300 kilometer jauhnya dari rumah sang dokter.

Tan dibawa ke Mongolia Dalam sebab perusahaan obat tradisional yang menggugatnya berada di daerah tersebut.

"Saya tidur di samping toilet dan hanya menyantap dua setengah potong roti setiap hari," kata Tan dalam wawancara dengan harian Beijing News, Rabu (17/4/2018).

Sebelum ditangkap dan ditahan, Tan mempertanyakan kemanjuran minuman tradisional itu dan menyebutnya sebagai racun dari surga dalam sebuah artikel yang diunggah ke dunia maya akhir tahun lalu.

Tan mempertanyakan klaim perusahaan pembuat obat itu yang menyebut produknya mampu menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari pegal linu hingga sakit jantung.

Dalam artikelnya itu, Tan menambahkan, ramuan herbal di dalam minuman tersebut bisa saja malah membahayakan jika dikonsumsi penderita darah tinggi dan diabetes.

"Saya menulis artikel itu dengan benar," tambah Tan dalam wawancara yang sama.

"Kita harus mengungkapkan kebenaran setidaknya beberapa kali dalam hidup ini. Khususnya, jika dokter tak berbicara dan membiarkan promosi tentang obat ajaib semacam ini maka bisa merusak masyarakat," lanjut Tan.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help