Tahu Mobagu Jaya Kotamobagu Dipasarkan Ke Manado, Sudarmono: Bahan Baku Tahu Masih Diimpor

Tahu Mobagu Jaya di Motoboi Kecil telah dipasarkan hingga ke Supermarket di Manado, tahu putihnya memang berbeda karena bahan bakunya dari Amerika

Tahu Mobagu Jaya Kotamobagu Dipasarkan Ke Manado, Sudarmono: Bahan Baku Tahu Masih Diimpor
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Pembuatan Tahu Mobagu Jaya di Motoboi Kecil 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

KOTAMOBAGU,TRIBUNMANADO.CO.ID - Tahu Mobagu Jaya di Motoboi Kecil, Kotamobagu, Sulawesi Utara, telah dipasarkan hingga ke Supermarket di Manado.

Tahu putih buatan Sudarmono (42), warga Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, memang berbeda dengan lainnya, karena bahan bakunya berasal dari luar negeri (impor).

Menurutnya, kurangnya kedelai lokal sebagai bahan baku tahu, membuat Sudarmono, harus membeli produk impor dari Amerika.

"Kalau saya hanya berharap pada pasokan petani kedelai lokal, pasti usaha Tahu dan tempe, sudah tutup lama. Maka putuskan gunakan produk impor," ujar Sudarmono Pasi, Jumat (20/4/2018).

Sudarmono, kedelai impor ini dibeli dari toko distributor, dengan harga Rp385 ribu untuk karung 50 kilogram. Kualitasnya jauh lebih baik dan kadar air sudah teruji.

Lanjut dia, kedelai jenis orba putih (biji besar), memiliki kandungan santan lebih baik dibandingkan lainnya. Kurang lebih 10 tahun, telah mengunakan bahan ini.

"Saya juga mengunakan kedelai lokal, sebagai bahan baku Tahu dan tempe, apabila musim panen," ujar dia.

Ia menambahkan, satu bungkus tahu putih dijual Rp4000. Tiap hari memproduksi 50 kilogram, menghasilkan 150 bungkus, selama enam hari.Penghasilan kotor perbulan mencapai Rp20 juta rupiah. Dalam usaha Tahu dibantu tiga orang pekerja.

Tahu Mobagu Jaya dipasarkan di area Kotamobagu dan Supermarket di Manado, seperti Multimart dan Gelael. Tahu ini telah memiliki iji halal dari MUI, Dinkes dan Izin BBPOM.

Kepala Dinas Sosial Kotamobagu, Sarida Mokoginta, mengatakan Pemerintah telah membatu industri rumah tangga.

"Untuk Tahu Mobagu Jaya, pemerintah telah membantu memberikan alat pembuatan tahu," ujar Sarida.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help