Bos CIA Temui Kim Jong Un di Pyongyang: Begini Penjelasan Presiden AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengakui Direktur Dinas Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo

Bos CIA Temui Kim Jong Un di Pyongyang: Begini Penjelasan Presiden AS
Kompas.com
Direktur Dinas Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengakui Direktur Dinas Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo pergi ke Korea Utara (Korut).

Dilansir kantor berita AFP Rabu (18/4/2018), melalui kicauannya di Twitter, Trump mengatakan kalau Pompeo menemui Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Trump menggambarkan pertemuan itu berlangsung dengan lancar, dan kedua negara mulai menjalin hubungan secara intens.

"Detil perundingan tengah disusun. Denuklirisasi tidak hanya menjadi kabar baik baik dunia, namun juga Korut!" beber Trump di Twitter.

Sebelumnya, dilaporkan kalau Pompeo menemui Kim secara rahasia pada awal April lalu. Kunjungan itu terjadi setelah Pompeo dinominasikan sebagai Menteri Luar Negeri.

Kunjungan itu merupakan bagian dari persiapan pertemuan bersejarah yang bakal digelar pada Mei atau awal Juni, antara Kim dengan Trump.

Secara mengejutkan, Trump mengiyakan tawaran Kim untuk mengadakan pertemuan setelah utusan khusus Korea Selatan (Korsel), Chung Eui Yong, berkunjung ke Washington (8/3/2018).

Chung yang juga menjabat sebagai Kepala Keamanan Nasional Korsel itu sebelumnya memimpin delegasi Korsel ke Pyongyang menemui Kim (5/3/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara sepakat untuk menggelar Konferensi Tingkat Tinggi Antar-Korea yang bakal berlangsung pekan depan (27/4/2018).

Konferensi itu menjadi pertemuan tingkat tinggi ketiga kedua Korea setelah yang pertama terjadi pada 2000, dan kedua tujuh tahun berselang.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Mar-a-Lago, Florida Selasa (17/4/2018), Trump berujar pertemuan Pompeo dan Kim "satu tingkat di bawah level tertinggi".

Kepada wartawan, dia sempat menyatakan kalau telah berbicara secara langsung dengan pemimpin Korut ketiga setelah mendiang Kim Il Sung dan Kim Jong Il tersebut.

Namun, dalam sesi jamuan makan malam, presiden ke-45 dalam sejarah AS tersebut langsung meralat ucapannya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jon Un
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jon Un ()

Direktur CIA Dilaporkan Bertemu Kim Jong Un di Pyongyang

Gedung Putih menyatakan Amerika Serikat dan Korea Utara telah melakukan komunikasi pada level tertinggi, namun tidak melibatkan pembicaraan langsung antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Kim Jong Un.

The Washington Post melaporkan, Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo telah melakukan kunjungan rahasia ke Pyongyang, Korea Utara, pada pekan pertama bulan ini.

Dilansir dari AFP, Rabu (18/4/2018), Pompeo juga telah menemui Kim Jong Un di Pyongyang.

Kunjungan itu merupakan bagian dari persiapan pertemuan bersejarah yang akan digelar pada beberapa pekan ke depan, antara Trump dan Kim Jong Un.

Kunjungan juga dilakukan setelah Pompeo dinominasikan sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Namun, laporan mengenai pertemuan Pompeo dengan Kim Jong Un di Pyongyang dibantah oleh Gedung Putih dan CIA.

Sebelumnya, wartawan di Gedung Putih menanyakan kepada Trump tentang kemungkinan dirinya pernah berbicara langsung dengan Kim Jong Un.

Trump memberi jawaban yang mengejutkan dengan menyatakan pernah berkomunikasi dengan Kim.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders meluruskan pernyataan Trump.

"Presiden mengatakan pemerintah telah berbicara pada level yang tertinggi dan menambahkan bahwa mereka (Korea Utara) tidak berbincang langsung dengan presiden," katanya.

Baca juga : Analis: Pesawat Kim Jong Un Tidak Layak untuk Bertemu dengan Trump

Saat menjamu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Florida, Trump mengonfirmasi AS dan Korea Utara telah berkomunikasi secara langsung.

Menurutnya, ada lima lokasi yang sedang dipertimbangkan untuk bertemu dengan Kim yang dijadwalkan pada akhir bulan ini atau awal Mei 2018. *

Artikel ini telah dimuat di kompas.com dengan judul: Trump Akui Bos CIA Temui Kim Jong Un di Pyongyang

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help