News Analysis

Toar Palilingan: Kotak Kosong Bukan Peserta Pilkada

Sosialisasi berbeda dengan kampanye. sosialisasi yang dimaksud pasal 27 PKPU Nomor 8 Tahun 2017

Toar Palilingan: Kotak Kosong Bukan Peserta Pilkada
ISTIMEWA
Toar Palilingan 

News Analysis Oleh Dosen Fakultas Hukum Unsrat, Toar Palilingan

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosialisasi berbeda dengan kampanye. Sosialisasi yang dimaksud pasal 27 PKPU Nomor 8 Tahun 2017 sifatnya menyampaikan informasi yang bersifat memberi pemahaman saja, agar masyarakat pemilih mengerti sekalipun calon kepala daerahnya hanya satu pasangan calon.

Namun, mereka masih memiliki pilihan lain ketika mereka tidak sependapat dengan pasangan calon tersebut untukk menjadi pemimpin mereka.

Mengenai adanya baliho maupun alat peraga pilkada yang marak dan tidak sesuai dengan undang-undang maupun peraturan KPU tentang kampanye tentu sudah menjadi ranah panwaslu untuk menertibkan, karena materi sosialisasi calon tunggal tidak boleh tendensius.

Kalau kampanyepun materinya sudah sangat jelas, yakni harus berisi visi misi serta program.

Sehingga untuk hal-hal di luar itu, perlu mendapat perhatian KPU maupun panwaslu agar tidak menimbulkan masalah.

Jika sudah mengajak itu bukan sosialisasi lagi, karena kotak kosong bukan peserta pilkada, namun bisa menjadi opsi pilihan sehingga tidak ada kewajiban maupun hak untuk kampanye.

Larangan bagi mereka-mereka yang sosialisasi berkelebihan juga sepertinya tidak diatur, asalkan jangan menjurus menyerang sesorang seperti menghina maupun memprovokasi dan lain-lain bisa saja berurusan dengan hukum.

Dialam demokrasi hal-hal seperti ini sulit dihindari karena kalangan tertentu juga melihat fenomena seperti ini adalah bagian dari pertumbuhan demokrasi, paling tidak untuk menjaga agar partisipasi politik masyrakat cenderung tetap naik.

Dan pasangan calon tunggal menjadi tertantang untuk membuktikan bahwa keinginan elit partai dan masyarakat benar-benar nyambung antara keberhasilan dan kepercayaan. 

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help