TribunManado/

Terkait Laporan Terhadap Vanda Rantung, Panwaslu Mitra Sebut Tak Penuhi Unsur Pidana Pemilu

Panwaslu menegaskan laporan terhadap ketua DPD PAN Mitra tak memenuhi unsur dugaan pelanggaran pidana pemilu

Terkait Laporan Terhadap Vanda Rantung, Panwaslu Mitra Sebut Tak Penuhi Unsur Pidana Pemilu
KOLASE TRIBUNMANADO
Jobie Lungkutoy 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menegaskan laporan terhadap ketua DPD Partai Amanat Nasiona (PAN) Mitra yang mengkampanyekan kotak kosong tak memenuhi unsur dugaan pelanggaran pidana pemilihan umum (pemilu).

"Keputusannya, kasus Vanda Rantung tidak diteruskan. Tidak penuhi unsur pelanggaran pidana pemilu," kata Jobie Lungkutoy kepada wartawan usai rapat pleno di Jangkar Sandar kantor Panwaslu Kabupaten Mitra, Selasa (17/4/2018).

Vanda Rantung yang juga anggota DPRD Mitra dilaporkan tim pasangan Bupati Mitra James Sumendap dan tim pasangan JS-Oke ke Panwaslu.

Panwaslu Mitra telah melakukan pemeriksaan kepada pelapor, terlapor, melakukan klarifikasi hingga membahas dengan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). 

Rapat Gakumdu terdiri atas Kepolisian, kejaksaan Minsel dan Panwaslu Kabupaten Mitra‎ berlangsung sejak Senin malam kemarin hingga Selasa (17/4) sore.

"Proses ini melibatkan komisi pemilihan umum (KPU) dan terlapor. Penjelasan KPU soal kampanye dan sosialisasi dihubungkan dengan kajian yang dilakukan panwaslu mengenai dugaan pidana pemilu, menurut itu bukan kampanye melainkan sosialisasi maka tidak ada unsur pelanggaran pidana pemilu," pungkasnya

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help