TribunManado/

Terkait Kasus Dugaan Perdagangan Manusia, Posbakum Siap Bela Terdakwa di PN Manado

perkara tindak pidana perdagangan orang yang menjerat perempuan CK alias Citra, akan dibela mati-matian demi menegakan keadilan.

Terkait Kasus Dugaan Perdagangan Manusia, Posbakum Siap Bela Terdakwa di PN Manado
DOK. TRIBUNMANADO/NIELTON DURADO
PN MANADO 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Ketua Pos Bantuan Hukum (Posbakum) IKADIN Sulut, Advokat EK Tindangen, Senin (16/4/2018) menegaskan bahwa perkara tindak pidana perdagangan orang yang menjerat perempuan CK alias Citra, akan dibela mati-matian demi menegakan keadilan.

Dimana, Tindangen juga mengungkapkan kalau pihaknya siap melayangkan pledoi alias nota pembelaan secara tertulis, guna menjawab tuntutan 5 tahun yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap kliennya.

“Fakta persidangan yang terungkap, terdakwa tidak tahu apa-apa. Dalam Pledoi nanti Posbakum akan meminta Majelis Hakim untuk memutus bebas terdakwa,” ungkap Tindangen.

Selanjutnya, Tindangen menjelaskan sangkaan yang dilayangkan JPU terhadap terdakwa, selaku mucikari atau pelaku utama, dalam persidangan tidak memiliki bukti kuat.

Karena hanya bersandar pada keterangan pihak kepolisian saja.

Dalam proses meja hijau di Pengadilan Negeri Manado, diketahui kalau terdakwa Citra telah didakwa dan dituntut JPU dengan menggunakan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Menurut uraian dakwaan JPU, terdakwa Citra dijerat pidana hingga ke pengadilan, karena hendak mengirim lima perempuan Minahasa untuk dipekerjakan sebagai ladies di salah satu cafe Jayapura.

Namun, aksi pengiriman para ladies yang dilakoni terdakwa Citra berhasil digagalkan tim Manguni Polda Sulut, Senin (23/10/2017) lalu.

Dimana, terdakwa Citra bersama empat orang saksi, yakni perempuan ANM alias Angelica, NS alias Ninda, MEM alias Melania, dan DP alias Dita langsung diamankan tim Manguni, saat akan berangkat menuju Papua melalui jalur udara. 

Penulis: Nielton Durado
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help