Selpiana Ingatkan Tutor PAUD Perhatikan Pendidikan Anak Bolsel

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Bolsel Selpiani Kamaru Manoppo, mengingatkan kepada tutor TK dan PAUD untuk memperhatikan pendidikan anak sesuai usia.

Selpiana Ingatkan Tutor PAUD Perhatikan Pendidikan Anak Bolsel
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Sosialisasi PAUD beberapa waktu yang lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Wakil Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Selpiani Kamaru Manoppo, mengingatkan kepada tutor Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk memperhatikan pendidikan anak sesuai usia.

Hal tersebut dikatakan olehnya, Senin (16/4/2018), di Bolsel, Sulawesi Utara, bahwa masa-masa tersebut adalah periode emas perkembangan seorang anak untuk itu penting mengatur emosionalnya melalui pendidikan yang tepat.

"Bunda PAUD harus tahu bahwa tahun-tahun ini adalah masa mereka untuk mengenali berbagai hal dilingkungan sekitarnya. Nah itu akan membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif dan sosial," ujarnya.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang strategis dan mendasar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Semua berdasarkan pasal 28 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tetang Sistem Pendidikan Nasional.

"Untuk itu pendidikan anak usia dini ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya. Makanya perlu adanya kerja sama antara orang tua dan guru untuk meningkatkan kemampuan anak," ujarnya.

Senada diucapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) PAUD Dinas Pendidikan (Dispendik) Bolsel Sakinah Hasan, Bahwa Bunda PAUD harus berperan aktif memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak usia dini.

Untuk itu perlu membangun komunikasi dengan pemerintah setempat untuk memaksimalkan mutu pendidikan anak-anak di masing-masing sekolah.

"Karena kecerdasan anak juga tergantung terhadap tenaga pendidiknya," tukas Sakinah. (Tribunmanado.co.id/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help