PNS Dapat THR dan Gaji ke-13 Lebih Besar Tahun Ini

Tunjangan hari raya (THR) nonstop dari rekor bursa sahamKementerian Keuangan tengah mempersiapkan anggaran untuk gaji ke-13

PNS Dapat THR dan Gaji ke-13 Lebih Besar Tahun Ini
kontan
Pegawai negeri 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Tunjangan hari raya (THR) nonstop dari rekor bursa sahamKementerian Keuangan tengah mempersiapkan anggaran untuk gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pensiunan PNS.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, anggaran tersebut akan lebih besar dari tahun lalu. Selama 2017, pemerintah menganggarkan Rp 14 triliun untuk gaji ke-13 dan THR.

  
"Tahun lalu tidak sampai Rp 20 triliun. Tahun ini akan lebih besar sedikit dari tahun lalu. Tapi untuk pelaksanaannya menunggu PP," kata Askolani di Gedung Kemkeu, Jakarta, Senin (16/4).

Dia memastikan, PP untuk THR itu akan terbit sebelum Lebaran atau awal Juni. Sementara, PP untuk gaji ke-13 adalah saat mulai tahun ajaran sekolah.

Ia melanjutkan, anggaran untuk THR maupun gaji ke-13 dan usulan THR dengan menambahkan tunjangan kinerja (tukin) sudah masuk dalam APBN 2018. Oleh karena itu, tidak ada penambahan anggaran lagi.

"Sudah masuk itu di APBN 2018, termasuk usulan tukin, pensiunan juga masuk. Itu sudah dihitung sesuai kebijakan, itu sudah. Jadi enggak perlu nambah anggaran," jelasnya.

Lebaran tahun ini pensiunan PNS bakal terima THR

Pemerintah pastikan pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Hal itu dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan pensiunan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Asbur mengatakan, tahun ini pensiunan PNS akan mendapatkan THR. Kebijakan ini akan menambah pemasukan pensiunan yang tadinya hanya mendapatkan gaji ke-13.

 
“Setiap tahun kita berikan gaji ke 13. Bedanya, tahun ini kita juga berikan THR. Tunjangan itu juga tidak hanya didasarkan pada gaji pokok, tapi juga tunjangan kinerja,” kata Asman.

Tunjangan baru itu akan diberikan sebelum Lebaran, sama halnya dengan tempo pencairan THR bagi PNS. “Tahun lalu sebelum Lebaran, sedangkan gaji ke-13 itu bulan Juni. Tidak ada perubahan dalam waktu, hanya ada perubahan dalam jumlah,” jelasnya.

Halaman
12
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved