Jadi Saksi di Sidang Kasus RSJ Ratumbuysang, Suwatan Ungkap Fakta Mengejutkan

Sidang kasus dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof VL Ratumbuysang kembali digelar

Jadi Saksi di Sidang Kasus RSJ Ratumbuysang, Suwatan Ungkap Fakta Mengejutkan
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Saksi dikonfirmasi bukti oleh pengacara di sidang kasus RSJ Ratumbuysang pada Senin (16/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sidang kasus dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof VL Ratumbuysang kembali digelar di ruang sidang Cakra Pengadilan Tipikor Manado, Senin (16/4/2018) sekitar pukul 13.45 Wita.

Sidang tersebut dipimpin Ketua Majelis Hakim Vincentius Banar SH MH. Saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Michael Suwatan, saksi fakta pada pembangunan rumah sakit.

Saksi Suwatan mengaku tak memiliki hubungan keluarga dengan 3 terdakwa yakni Jermina Tampemawa, Vanda Jocom dan David Liando.

Saksi pada tahun 2015 berperan sebagai ahli struktur pada pembangunan rumah sakit. Tugasnya yakni menghitung bangunan, mulai dari kolom, dan balok sesuai permintaan staf dari terdakwa David bernama Decky.

"Kalau tidak salah saya diminta Oktober dan November tahun 2015, karena saya punya keahlian disitu," katanya menjawab pertanyaan Ketua Majelis Hakim Vincentius soal siapa yang meminta menjadi ahli struktur.

Ia mengaku meninjau lokasi dan melakukan pengamatan pembangunan rumah sakit tahap 2 sekitar 1 hingga 2 jam. Kemudian dilakukan perhitungan dan dilaporkan hasilnya kepada kontraktor.

Sebelum dilakukan penghitungan struktur disepakati pembayaran jasa sebesar Rp 40 Juta dengan terdakwa David.

"Sebelum kerja saya dibayar setengahnya Rp 20 Juta," tuturnya menjawab pertanyaan JPU Bobby Ruswin soal berapa fee yang diterima untuk penghitungan struktur yang dilakukan.

Suwatan mengungkapkan pada Oktober pernah meninjau lokasi pembangunan saat diminta konsultan perencana Fransiska Rumagit untuk menghitung struktur.

Halaman
12
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help