TribunManado/

BPK Tantang Mahasiswa Unika De La Salle Meriset Dana Desa

Sumbangsih akademis ini merupakan masukan berharga bagi semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana tersebut.

BPK Tantang Mahasiswa Unika De La Salle Meriset Dana Desa
Seminar bertema "Pengelolaan Dana Desa" yang diselenggarakan Mahasiswa Semester 6 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik De La Salle Manado, di auditorium kampus tersebut, pada Senin (16/4/2018) pagi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mahasiswa perlu melakukan penelitian tentang pengelolaan dana desa. Sumbangsih akademis ini merupakan masukan berharga bagi semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana tersebut.

Demikianlah kesimpulan seminar bertema "Pengelolaan Dana Desa" yang diselenggarakan Mahasiswa Semester 6 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik De La Salle Manado,  di auditorium kampus tersebut, pada Senin (16/4/2018) pagi.

Seminar tersebut diadakan bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sulut. Seminar dihadiri sekitar 200 - an mahasiswa dari fakultas ekonomi.

Prof Dr Johanis Ohoitimur, Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado menyatakan,
kegiatan tersebut bisa mendorong semakin banyak mahasiswa yang melakukan riset tentang dana desa.

"Tugas dari mahasiswa adalah melahirkan pemikiran konstruktif bagi kemajuan bangsa," kata dia.

Tangga Muliaman Purba, Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Utara dalam paparannya membeber, permasalahan dana desa begitu kompleks.

Dibutuhkan sumnangsih pemikiran segar untuk mengurai benang kusut pengelolaan dana desa.

“Agar mahasiswa dapat menemukan Permasalahan Dana Desa yang begitu kompleks yang baru dikucurkan dengan anggaran relatif cukup besar sejak Tahun 2015 dengan SDM yang perlu dilatih” ujar dia. Pembicara lainnya yakni Amin Adab Bangun, Kepala Sub Auditorat Sulut II mengatakan, masalah utama dana desa adalah transparansi.

Sebut dia, mahasiswa dapat melakukan penelitian akan hal itu untuk kemudian menghasilkan solusi terbaik. Adventinus Lambut selaku Dosen pengajar mata kuliah Goverment Accounting, mengatakan kuliah umum ini lahir dari Rasa keprihatinan dana desa yang masih jauh dari suatu pemahaman dalam hal Perencanaan, Pengelolaan, dan Pelaporan. Dengan diselenggarakannya kuliah umum ini diharapkan mahasiswa menambah wawasannya tentang Pengelolaan Dana Desa.

"Seminar inipun merupakan pengejawantahan dari tujuan pendidikan De La Salle yaitu Service-Driven Citizen yang dimana mahasiswa/I De La Salle harus mampu menjadi warga yang melayani," kata dia.

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help