Amerika Serikat Minati Ikan Kayu dari Sulut

Amerika Serikat menjadi satu di antara negara yang berminat dengan ikan kayu dari Sulawesi Utara (Sulut).

Amerika Serikat Minati Ikan Kayu dari Sulut
ISTIMEWA
Aktivitas di pelabuhan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Amerika Serikat menjadi satu di antara negara yang berminat dengan ikan kayu dari Sulawesi Utara (Sulut).

Oleh karena itu peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal.

"Amerika Serikat berminat dengan ikan kayu dari Sulut. Hal ini terlihat dari permintaannya yang cukup tinggi," ujar Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin, Senin (16/4/2018).

Untuk itu belum lama ini dilakukan ekspor ikan kayu sebanyak 2,4 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi Sulut.

Masyarakat negeri Paman Sam semakin banyak yang mengkonsumsi ikan kayu sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor di Sulut.

"Untuk ekspor dilakukan rutin hampir setiap bulan," katanya.

Produk turunan dari ikan tersebut di Amerika Serikat diolah kembali menjadi berbagai produk pangan khas negara itu, selain juga diolah menjadi bumbu.

Produk ikan kayu diproses melalui pembakaran pada suhu tertentu sehingga dihasilkan komoditas yang sudah mengeras seperti kayu, namun tahan lama.

Ikan kayu asal Sulut memiliki ciri yang berbeda dengan daerah lain, karena rasa dan tekstur ikan memiliki kualitas baik. Saat ini selain Amerika Serikat tujuan ekpor ikan kayu asal Sulut antara lain negara-negara di Asia, Eropa dan Afrika. (Tribunmanado.co.id/Herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help