Panwaslu Mitra Awasi Verifikasi DPS, Siapkan Posko Pengaduan di Kecamatan

Panwaslu Mitra melakukan pengawasan pada DPS yang sedang diverifikasi oleh komisi pemilihan umum (KPU) Mitra ditingkat desa dan kelurahan.

Panwaslu Mitra Awasi Verifikasi DPS, Siapkan Posko Pengaduan di Kecamatan
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara, melakukan pengawasan pada daftar pemilih sementara (DPS) yang sedang diverifikasi oleh komisi pemilihan umum (KPU) Mitra ditingkat desa dan kelurahan.

"Ini kami lakukan guna memastikan setiap wajib pilih yang memenuhi syarat, bisa terakomodir untuk menyalutkan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juli nantinya," kata Dolly Van Gobel, Pimpinan Panwaslu Mitra Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Sabtu (14/4/2018).

Menurutnya, tahapan verifikasi DPS yang dilakukan penyelenggara pemilu.

Dalam hal ini KPU merupakan hal yang paling krusial, karena menyangkut hak konstitusi warga negara dalam menyalurkan hak pilihnya.

"Kami akan mengerahkan semua personil dari Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk mengawasi dan pantau tahapan ini," tambahnya.

Dolly memastikan selama pelaksanaan verifikasi DPS oleh KPU di desa dan kelurahan, akan membuat posko pengaduan, yang nantinya akan melayani setiap warga pemilih yang merasa belum masuk dalam DPS, dengan menunjukan KTP-elektronik atau surat keterangan.

"Silahkan melapor bagi warga yang namanya belum masuk dalam DPS. Dalam Posko pengaduan akan dilayani petugas untuk kemudian menjelaskan dan mengadvokasi pemilih jika belum terdaftar," terangnya.

Selain warga pemilih yang belum terdaftar, Dolly menjelaskan jika pihaknya juga menaruh perhatian bagi para pemilih yang sudah terdaftar.

Namun kemudian sudah meninggal dunia atau pindah.

Jika hal tersebut didapati, maka kemudian harus dijadikan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk direkomendasikan ke KPU.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help