Minta TMMD Diperpanjang, Warga Pakuku Jaya Sebut Masih Banyak Infrastruktur Belum Dibangun

Warga desa Pakuku Jaya, Kecamatan Tomini, Bolsel, Sulawesi Utara (Sulut), meminta kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) diperpanjang.

Minta TMMD Diperpanjang, Warga Pakuku Jaya Sebut Masih Banyak Infrastruktur Belum Dibangun
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Mayjen TNI Johny Lumban tinjau TMMD Bolsel. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Warga desa Pakuku Jaya, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), meminta kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) diperpanjang.

Dalam tanya jawab di Kantor Camat Tomini, Bolsel, warga meminta kepada Mayjen TNI Johny Lumban Tobing dan Damdim Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, agar TMMD diperpanjang hingga lima bulan.

"Masih banyak infrastruktur yang perlu dibangun di desa Pakuku Jaya,"ujar Rizki Huata, satu di antara warga, Minggu (15/4/2018).

Kata dia, pekerjaan yang dilakukan tentara dalam TMMD khusus di desa Pakuku Jaya, sangat membantu masyarakat misalnya bisa melakukan renovasi masjid, pembangunan gedung tiga pilar serta akses jalan sepanjang satu kilometer.

Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono mengatakan, TMMD sifat operasi, maka sudah ditentukan batas waktunya, sesuai instruksi Panglima TNI.

"Kemarin sudah dijelaskan oleh Pak Jenderal Johny Tobing. Kalau TMMD hanya bisa satu bulan. Boleh diperpanjang, asalkan daerah tersebut menganggarkan, namun bukan TMMD lagi namanya," ujar Sigit Dwi Cahyono.

Waktu lalu TMMD hanya dilaksanakan tiga pekan, sekarang diperpanjang selama sebulan.

Jika prajurit akan menyelesaikan seluruh pembangunan di desa, maka tidak akan latihan lagi.

Sebab tugas dan fungsi TNI, harus menjaga dan mempertahankan NKRI.

Inspektorat Jenderal Angkatan Darat, Mayjen TNI Johny Tobing mengatakan, TMMD bukan hanya dilaksanakan di Bolsel, namun digelar di seluruh Indonesia.

"Tahun ini ada 50 lokasi, dengan prajurit yang diturunkan sekitar 6.250 orang. Masing-masing lokasi ada 125 prajurit di TMMD," ujar Mayjen TNI Tobing.

Ia menambahkan, prajurit TMMD bukan hanya membangun desa, namun bisa membangun kekeluargaan bersama masyarakat.

Artinya menjadi bagian dari mereka. (Tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help