Malonda Sebut PPK di 25 Kecamatan Laksanakan Pleno DPS Hasil Perbaikan

PPK se-Kabupaten Minahasa melakukan rapat pleno DPS Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) hasil perbaikan, kemarin Rabu (11/4/2018).

Malonda Sebut PPK di 25 Kecamatan Laksanakan Pleno DPS Hasil Perbaikan
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Lord Malonda 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Koordinator Divisi Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Lord Malonda mengatakan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Minahasa melakukan rapat pleno Daftar Pemilih Semenetara (DPS) Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) hasil perbaikan, kemarin Rabu (11/4/2018).

"Jadi, seluruh PPK di 25 kecamatan sementara melaksanakan pleno DPS hasil perbaikan. Pleno itu berdasarkan hasil yang telah diplenokan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada setiap kecamatan," ujar dia.

Nantinya, lanjut dia, hasil dari pleno PPK akan diserahkan ke KPU Minahasa untuk diplenokan lagi.

"Kalau sudah ada pada KPU bisa terlihat apakah ada pemilih ganda," katanya, Kamis (12/4/2018).

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Donny Rumagit mengatakan, jika pihaknya mengawasi secara baik atas proses tersebut.

Karena masalah daftar pemilih sangat berpotensi pada gugatan ke Makamah Konstitusi (MK).

"Hal ini sangat rawan dengan gugatan ke MK nantinya sehingga kami harus awasi secara baik sehingga mengurangi potensi gugatan, pengawasan itu guna memastikan setiap warga yang punya hak pilih masuk dalam Daftar Pemilih. Dan warga yang tak punya hak pilih dipastikan dihapus serta tidak masuk daftar pemilih," jelasnya.

Lanjut dia, jika ada yang merasa tak terakomodir silakan melapor ke Panwaslu karena akan ditindaklanjuti sehingga bisa menghasilkan data pemilih akurat.

"Diimbau kepada kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa untuk teliti terhadap daftar pemilih. Sehingga jika ada keberatan atau merasa dirugikan untuk segera dilaporkan. Kalau merasa dirugikan atau keberatan dengan daftar pemilih langsung lapor untuk ditindaklanjuti. Jangan nanti sudah ada hasil perhitungan suara yang kurang baik baru melayangkan gugatan,” punkasnya.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help