KSOP Bitung Minta Pemilik Kapal Pas Kecil Mendaftar Ulang

KSOP Kelas I Kota Bitung, Sulawesi Utara, meminta kepada seluruh pemilik dan pengusaha kapal di bawah 7 GT untuk segera mendaftar ulang.

KSOP Bitung Minta Pemilik Kapal Pas Kecil Mendaftar Ulang
ISTIMEWA
KSOP Kelas I Bitung Sosialisasi Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang Penerbitan Pas Kecil atau Surat Kebangsaan Kecil, Kamis (12/4) di salah satu hotel di Kota Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Kota Bitung, Sulawesi Utara, meminta kepada seluruh pemilik dan pengusaha kapal di bawah 7 GT untuk segera mendaftar ulang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala KSOP Bitung Weku F Karuntu pada Sosialisasi Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang Penerbitan Pas Kecil atau Surat Kebangsaan Kecil, Kamis (12/4) di salah satu hotel di Kota Bitung.

"Jadi untuk pengusaha maupun pemilik kapal yang berkapasitas 1-6 GT, saya minta untuk mendaftarkan diri untuk didata kembali kapal-kapal yang ada di Bitung," ujarnya.

Akan tetapi ia menegaskan dalam pendataan tersebut ada persyaratan antara keselamatan pelayanan harus dipenuhi.

KSOP Kelas I Kota Bitung
KSOP Kelas I Kota Bitung (ISTIMEWA)

"Karena saat ini banyak sekali kapal-kapal kecil seperti taksi air belum memiliki pas kecil tapi mengantar penumpang," ucapnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini para pemilik kapal bisa lebih paham mengenai faktor keselamatan pada penumpang.

"Intinya kami hanya memberikan rasa nyaman pada pengguna jasa yakni masyarakat, untuk itu saya minta semua harus mendaftar ulang," pungkasnya.

Christian, salah satu pemilik kapal mengatakan bisa menerima aturan baru tersebut.

"Kalau untuk kebaikan tentu akan kami terima," tegasnya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, perwakilan dari Dirjen Perhubungan Laut dan Dinas Perhubungan Kota Bitung. (Tribun Manado/Nielton Durado)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help