Wawali Bitung Curhat Soal Moratorium Perikanan ke Wantanas

Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri terima kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas),

Wawali Bitung Curhat Soal Moratorium Perikanan ke Wantanas
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri terima kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas), di Ruang Sidang lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Rabu (11/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID -Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri terima kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas), di Ruang Sidang lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Rabu (11/4/2018).

Rombongan DKN yang datang dipimpin oleh Irjen Pol Tjetjep Agus. Nampak hadir juga ketua DPRD Bitung, Forkopimda, dan para kepala SKPD.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bitung curhat kepada tim Wantanas beberapa persoalan yang dihadapi saat ini di antaranya Kawasan Ekonomi Khusus, International Hub Port, jalan tol, dan dampak perekonomian akibat keputusan moratorium perikanan.

"Dampaknya ada banyak pekerja diberhentikan oleh perusahaan yang bergerak di bidang perkapalan, kapal penangkapan ikan, maupun pengolahan ikan," jelasnya.

Sehingga belakangan menurutnya, banyak aksi demo pekerja yang terjadi, khususnya eks karyawan yang diberhentikan tanpa pesangon, bahkan jaminan ketenagakerjaan.

Sementara itu penanggungjawab Tim Kajida Irjen Pol Tjetjep Agus mengakui Kepmen Kelautan dan Perikanan sangat jitu tapi tidak melihat dampak dari industri ikan di Kota Bitung sebagai pendapatan terbesar Negara dari sektor perikanan.

"Memang Permen terkait perikanan tersebut merupakan tsunami terhebat di Kota Bitung yang sebaiknya mendapat perhatian khusus dalam menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebab sebagian besar dihuni oleh industri perikanan.

Usai diskusi rombongan Dewan Ketahanan Nasional meninjau lokasi KEK dan Pelabuhan Peti Kemas Pateteten, serta sempat dilakukan serah terima cinderamata juga.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help