Pilkada Mitra 2018

Terkait Kampanye Terhadap Kotak Kosong, Begini Tanggapan KPU Mitra

KPU Minahasa Tenggara memberikan tanggapan terkait bisa tidaknya kampanye terhadap kotak kosong dalam Pilkada.

Terkait Kampanye Terhadap Kotak Kosong, Begini Tanggapan KPU Mitra
VALDYSUAK
Ascke Benu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara memberikan tanggapan terkait bisa tidaknya kampanye terhadap kotak kosong dalam Pilkada.

Hal ini mencuat setelah ‎Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Vanda Rantung menyatakan diri sebagai ketua tim sukses kotak kosong saat membawakan sambutan di acara Hari ulang tahun (HUT) Wanua Wioi pada Sabtu (7/11/2018) pekan lalu.

Helti F Massie, Komisioner KPU Minahasa Tenggara (Mitra), Divisi Perencanaan Data Informasi dan Rumah Tangga menjeaskan, ‎yang dimaksud dengan peserta pemilu adalah perseorangan, partai politik (parpol) dan gabungan parpol, sesuai dengan undang-undang 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah.

"Kotak kosong bukan pelaksana kampanye, pilih kotak kosong sah pada saat pemungutan suara," terang Helti pada Rabu (11/4/2018)

Dijelaskannya, ‎kotak kosong hanya bisa disosialisasikan, berkampanye tidak boleh. Kotak kosong tidak sama dengan golput, karena pemilih yang memilih kotak kosong pada pemungutan suara telah menggunakan hak pilih.

Ascke Benu, Ketua KPU Mitra tidak menampik, saat ini dalam tahapan kampanye ada masyarakat yang ingin sampaikan aspirasinya untuk kolom kosong.

"Dalam regulasi ketika ada seperti itu hanya bentuk sosialisasi bukan dalam bentuk kampanye, karena dalam kampanye ada visi dan misi sementara kolom kosong tidak ada visi misi," jelas Aske.

Lanjutnya, masyarakat kolom tidak bergambar atau kotak kosong merupakan hak konsistusi, namun kalau mau kumpul massa harus ada izin kepolisian.

Pihaknya sudah surat ke KPU RI, perihal apakah bisa kampanye dan hadir dalam tahapan hingga debat kandidat agar ada payung hukum.

"Keberadaan masyarakat kotak kosong sudah kami ketahui melalui media sosial, kalau mau bersosialisasi harus berimbang, tandasnya.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help