Kalah Perang Dagang dari AS? Ini Keluhan Presiden China ke WTO, Iran Sesuaikan Kurs

Presiden China Xi Jinping membahas masalah perdagangan AS setelah China mengajukan keluhan di WTO

Kalah Perang Dagang dari AS? Ini Keluhan Presiden China ke WTO, Iran Sesuaikan Kurs
afp
Presiden China Xi Jinping 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden China Xi Jinping membahas masalah perdagangan AS setelah China mengajukan keluhan di WTO mengenai bea yang dikenakan oleh Washington.

Selama pidatonya di Forum Boao untuk Asia, Xi Jinping mengatakan ekonomi China 'hanya akan terbuka lebih lebar'.

Pemimpin Cina  Xi Jinping  telah berjanji untuk menurunkan tarif mobil, meningkatkan perlindungan kekayaan intelektual dan membuka ekonomi China, mengatasi keluhan Amerika Serikat dalam perselisihan perdagangan yang meningkat.

Dikutip dari aljazeera.com, Xi membuat pernyataannya pada hari Selasa di forum ekonomi Boao di pulau selatan Hainan. Dia tidak menyebut Presiden AS Donald Trump secara langsung.

"Pintu pembukaan China tidak akan ditutup dan hanya akan terbuka lebih lebar," kata Xi dalam pidato publik pertamanya sejak pecahnya ketegangan perdagangan antara China dan AS.

Juga pada hari Selasa, muncul bahwa China  mengajukan keluhan terhadap AS di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai tarif produk baja dan aluminium yang diberlakukan oleh Washington.

Sebuah dokumen yang diterbitkan di situs badan perdagangan menunjukkan bahwa China telah meminta 60 hari konsultasi dengan Washington mengenai tugas-tugasnya, yang diyakini China melanggar aturan perdagangan internasional.

AS mengumumkan bea masuk untuk produk baja dan aluminium masing-masing 25 dan 10 persen pada bulan Maret, yang memicu kekhawatiran akan perang dagang antara kekuatan ekonomi terbesar di dunia. 

Pekan lalu, AS dan China menukar sanksi perdagangan secara berurutan.

Pada 3 April, administrasi Trumpmengancam akan menjatuhkan tarif pada $ 50bn dalam impor Cina di 1.300 kategori produk, mulai dari robot industri hingga lokomotif.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help