Tajuk Tamu

Eksistensi Profesi Pengacara Merupakan Profesi yang Luhur

Pengacara sebuah profesi yang luhur karena profesi seorang pengacara juga berperan penting dalam terciptanya suatu keadilan

Eksistensi Profesi Pengacara Merupakan Profesi yang Luhur
ISTIMEWA
Yohanes Bertianus Sare 

Tajuk Tamu Mahasiswa Fakultas Hukum Unika De La Salle Manado,  Yohanes Bertianus Sare

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Pengacara atau Advokat adalah sebuah profesi yang luhur karena profesi seorang pengacara juga berperan penting dalam terciptanya suatu keadilan bagi tersangka dan terdakwa.

Tersangka adalah seseorang yang karena perbuatan atau keadaanya berdasarkan bukti permulaan yang cukup patut d duga telah melakukan suatu tindak pidana, patut diduga berarti belum dianggap bersalah namun masih merupakan dugaan sementara.

Seorang dikatakan tersangka berarti masih dalam proses atau tahap pemeriksaan di tingkat kepolisian.

Sementara itu terdakwa adalah seseorang yang telah atau dalam tahap pemeriksaan di tingkat pengadilan.

Berdasarkan surat keputusan jaksa agung dikenal dengan istilah P 21 yang berarti semua berkas penyidikan telah lengkap dan kemudian berkas diberikan atau dilimpahkan ke kejaksaan, kemudian kejaksaan yang akan meneruskannya ke pengadilan.

Hal ini merupakan tahap awal sebuah proses beracara pidana dari laporan, penyelidikan, penyidikan sampai ke penuntutan yang kemudian mengubah status dari tersangka menjadi terdakwa.  

Menjadi pertanyaan, lalu dimana peran seorang pengacara dalam sebuah proses hukum guna menciptakan keadilan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu melihat kasus senkon dan karta yang akhirnya memunculkan diterapkannya peninjauan kembali.

Saat itu senkon dan karta divonis telah melakukan tindak pidana pembunuhan dan hakim menghukum mereka masuk ke dalam penjara. Namun stelah lebih dari 2 tahun mereka dipenjara pelaku yang sebenarnya mengaku bahwa dia yang membunuh korban. Jadi ternyata sengkon dan karta tidak bersalah.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help