Ringroad III Bisa Mengurangi Kemacetan

Jalan Ring Road III Manado yang menghubungkan antara Winangun dan Kalasey untuk mengurangi kemacetan yang semakin menjadi di Manado.

Ringroad III Bisa Mengurangi Kemacetan
istimewa
Pengamat Tata Kota Veronica Kumurur 

Oleh:
Veronika Kumurur
Pengamat Tata Kota

TRIBUMANADO.CO.ID, MANADO - Jalan Ring Road III Manado, Sulawesi Utara, yang menghubungkan antara Winangun dan Kalasey dibangun oleh pemerintah untuk mengurangi kemacetan yang semakin menjadi di Manado.

Jika jalan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat.

Apalagi pembangunan Manado outer Ring Road (MORR) III yang menghubungkan Winangun-Kalasey sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Manado sehingga pembangunannya memang untuk pembangunan ke depannya.

Jalan tersebut nantinya menjadi jalan alternatif masyarakat yang dari arah Winangun yang ingin ke daerah Malalayang, tak perlu lagi melalui daerah Sario yang arus kendaraannya padat dan sering terjadi kemacetan.

Sehingga kepadatan arua kendaraan di dalam kota Manado menjadi berkurang.

Seperti jalan Ring Road ruas Winangun-Kairagi dan Kairagi-Bengkol menjadi jalan alternatif bagi masyarakat yang bepergian. Warga yang berasal dari arah Winangun jika ingin ke Kairagi tak perlu lagi melewati Paal 2, melainkan bisa melalui jalan tersebut. Begitu pula pada Ring Road 2.

Kota besar seperti Jakarta maupun kota lainnya juga membangun jalan lingkar untuk mengurai kemacetan. Sebab pertumbuhan kendaraan setiap tahunnya meningkat. Untuk itu perlu adanya jalan alternatif sebagai satu di antara solusi.(Tribun Manado/Herviansyah)

Penulis: Herviansyah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help