Pangeran Arab Saudi: Israel Punya Hak Jadi Negara, Rusia Dukung Trump

Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, Israel memiliki hak untuk menjadi negara.

Pangeran Arab Saudi: Israel Punya Hak Jadi Negara, Rusia Dukung Trump
AFP
Pangeran Arab Saudi "Mohammed bin Salman dan PM Israel Benyamin Netanyahu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RIYADH - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan, Israel memiliki hak untuk menjadi negara bersama dengan Palestina.

"Saya yakin setiap orang, di manapun, memiliki hak untuk tinggal di negerinya dengan damai," kata Pangeran Mohammed bin Salman dalam wawancaranya dengan majalah The Atlantic.

Tak hanya itu, pria yang kerap disapa MBS itu menegaskan, Arab Saudi dan Israel dalam banyak hal memiliki kepentingan yang sama.

"Jika dibanding dari wilayahnya, Israel adalah negara dengan perekonomian yang maju dan tentu saja banyak kepentingan yang sama antara kami dan Israel," ujar MBS.

Dikritik Rakyat Soal Gaya Hidup Mewah, Begini Kata Pangeran Arab Saudi Mohammed
Dikritik Rakyat Soal Gaya Hidup Mewah, Begini Kata Pangeran Arab Saudi Mohammed (Youtube)

"Jika tercapai perdamaian, akan banyak kepentingan bersama antara Israel dengan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dan negara-negara seperti Mesir atau Jordania," tambah dia.

MBS menambahkan, Arab Saudi memang memiliki "keprihatinan religius" terkait tempat-tempat suci di Jerusalem dan hak rakyat Palestina.

"Saya yakin bangsa Palestina dan Israel sama-sama punya hak mendapatkan wilayah mereka. Namun, harus ada kesepakatan damai demi menjamin stabilitas dan menciptakan hubungan yang normal," dia menegaskan.

Lebih jauh MBS menegaskan, pemerintah Arab Saudi tak memiliki masalah dengan orang Yahudi, meski secara politis kedua negara tak memiliki hubungan diplomatik.

Riyadh mempertahankan kebijakan bahwa perdamaian dengan Israel bisa dicapai jika garis demarkasi 1967 dikembalikan ke posisi asal sebelum negeri itu menduduki Palestina pada Perang Enam Hari.

JANGAN LEWATKAN: Militer Tembak Demonstran di Gaza: Erdogan Sebut Israel Teroris, Jenazah Ditahan, 12 Warga Tewas

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help