Manado Tuan Rumah Festival Celebrate the Sea, Kampanye Melawan Perdagangan Hiu dan Kemasan Plastik

Kota Manado akan menjadi tuan rumah Festival Celebrate the Sea ke-13 yang berlangsung 31 Maret hingga 5 April 2018 nanti.

Manado Tuan Rumah Festival Celebrate the Sea, Kampanye Melawan Perdagangan Hiu dan Kemasan Plastik
Istimewa
Wisatawan menikmati keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken dengan ber-snorkeling 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado akan menjadi tuan rumah Festival Celebrate the Sea ke-13 yang berlangsung 31 Maret hingga 5 April 2018 nanti.

Sejumlah tokoh internasional, fotografer bawah air dan perwakilan sedikitnya 100 negara akan hadir di Manado. Satu diantaranya, Dr Sylvia Earle, cover Majalah TIME 2017 bertema Perempuan yang Mengubah Dunia.

Festival Celebrate the Sea merupakan festival yang paling berpengaruh di Asia Pasifik selama ini. Sylvia Earle akan mengumumkan bahwa Taman Laut Bunaken menjadi Blue’s HOPE Spot.

Sebuah misi perlindungan hiu serta pelarangan aneka produk dari hiu. Selain itu, kampanye tidak menggunakan produk plastik sekali pakai di Sulawesi Utara.

Sejumlah mata acara bertema penyelamatan laut bakal digelar selama festival ini. Misalnya, Kompetisi Fotografi Bawah Air CTS International pada 1-3 April. Lokasinya di Pulau Bangka, Manado dan Pulau Lembeh. Total hadiahnya, 35 ribu dolar AS.

Pemenang utama lomba fotografi berhak atas hadiah 5.000 dollar AS. Sedangkan hadiah untuk pemenang tiap kategori berhak atas 2.000 dollar AS.

Dalam festival ini juga akan ditayangkan dokumenter berjudul ‘A Plastic Ocean’ (Lautan Plastik) karya Craig Lesson; penulis, sutradara sekaligus produsernya. Ada pula musikalisasi ‘Song for the Ocean’ oleh Kristin Hoffman yang akan dibawakan Unima Choir.

Ada pula kompetisi seni anak-anak bertema konservasi yang melibatkan sedikitnya 75 orang anak dari delapan negara, yakni Indonesia, AS, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Sri Lanka dan Filipina. Kompetisi ini membawa pesan agar orang-orang tak memakai produk plastik sekali pakai.

Sedangkan konferensi konservasi laut dan fotografi bawah air yang menghadirkan pembicara internasional akan dipusatkan di Atrium Megamall dan Mercure Manado Tateli Beach Resort.

Misi Festival Celebrate the Sea ke-13 adalah untuk menginspirasi pelarangan baik atas penggunaan produk plastik sekali pakai dan produk sirip hiu di Manado. Dengan menghadiri festival ini, partisipan secara aktif menjadi bagian dari solusi, berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup maritim kita.

Festival di Manado ini akan merayakan kemegahan dan kekayaan dari keanekaragaman lingkungan hidup kelautan di Taman Laut Bunaken, Pulau Bangka, dan Selat Lembeh.

Di balik itu, bagaimana menjaga, mengenal ancaman terbesar oleh perubahan iklim dan polusi, khususnya di daerah segitiga koral yang tersembunyi ini.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved