Inilah Makna Hari Suci Tjeng Beng

Hampir seluruh sembahyang umat Tridharma didasarkan pada perhitungan lunar atau Imlek.

Inilah Makna Hari Suci Tjeng Beng
Sufandi

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hampir seluruh sembahyang umat Tridharma didasarkan pada perhitungan lunar atau imlek.

Namun, ada beberapa yang didasarkan pada perhitungan terhadap marahari atau Yanglek dan salah satunya adalah hari suci sembahyang "Tjeng Beng", yaitu tanggal 4 atau 5 april menurut perhitungan Yanglek atau bulan 3 menurut perhitungan imlek.

"Tjeng" atau "Ching" artinya bersih dan "Beng" atau "Ming" artinya terang. Jadi, "Tjeng Beng" atau "Ching Ming" artinya hari yang bersih dan terang.

kubur2
kubur2 (Sufandi)

Bagi umat Tridharma Tjeng Beng hampir menyamai sembahyang menjelang tahun baru imlek, yaitu membersihkan lingkungan dari sampah dan debu/kotoran untuk menyambut tahun yang baru.

Sedangkan untuk Tjeng Beng yang dibersihkan adalah lokasi pekuburan (kuburan leluhur).

Upacara membersihkan kubur leluhur ini mempunyai nama atau istilah khusus yaitu "Tek Coa" (dalam bahasa Hokkian) yang artinya meletakkan kertas sembahyang di atas badan kubur setelah kuburan itu selesai dibersihkan.

kubur3
kubur3 (Sufandi)

Mengenai hari suci ini, terdapat banyak cerita rakyat yang kesemuaannya menunjukkan betapa ajaran suci ini (jauh sebelum Tri Nabi Agung) masih dipelihara hingga abad moderen ini.

Pada tanggal 5 april (tanggal 4 kalau ada "Lun"), selain umat Tridharma mereka yang memeluk aliran lain sekalipun pergi berziarah ke kuburan meskipun dengan tata cara yang agak berbeda, misalnya meletakkan karangan bunga, dan sebagainya.

Biasanya yang mempunyai tempat persujudan leluhur di rumah melaksanakan sembahnyang sesudah atau sebelum dari kuburan.

kubur4
kubur4 (Sufandi)

Bahan bahan persembahyangan yang dibawa untuk berziarah disamping bahan bahan pokok untuk tata upacara suatu persembahyangan bagi leluhur, juga disertai dengan bahan bahan makanan kesukaan almarhum/mah semasa hidupnya.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved