OJK Minta Perbankan Tingkatkan Pengamanan di ATM

Otoritas Jasa Keuangan meminta kepada perbankan untuk meningkatkan pengamanan di gerai Automatic Teller Machine (ATM)

OJK Minta Perbankan Tingkatkan Pengamanan di ATM
DOK. TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Kegiatan OJK beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada perbankan untuk meningkatkan pengamanan di gerai Automatic Teller Machine (ATM). Ini untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

"Untuk keamanan di ATM harus terus ditingkatkan untuk menghindari aksi kejahatan," ujar Kepala OJK Sulutgomalut, Elyanus Pongsoda, Rabu (21/3/2018).

Seperti Closed Circuit Television (CCTV) pada setiaop ATM harus benar-bener berfungsi. Jangan sampai tak bisa merekam peristiwa yang terjadi.

"Seperti yang terjadi di Pulau Jawa ada mesib ATM bank umum dipasangi alat dengan tujuan mengambil data nasabah untuk membobol rekeningnya. Oleh karena itu harus menjadi perhatian. Makanya pengawasan di gerai ATM harus ditingkatkan," ujarnya.

Skimming merupakan salah satu kejahatan perbankan dengan modus yakni melakukan penggandaan kartu ATM nasabah. Mesin ATM ditempeli dengan alat untuk merekam kartu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi di tempat lain.

Namun pada 2018 ini pihaknya belum menerima pengaduan masyarakat mengenai kejahatan tersebut.
"Pelakunya telah ditangkap oleh pihak kepolisian di Pulau Jawa," katanya.

Untuk kasus pencurian dana nasabah pernah terjadi di Sulut sekitar 2015. Modus yang digunakan oleh pelaku adalah pelaku melakukan transaksi dengan nasabah. Kemudian pihak penjual meminta data pribadi lewat telepon. "Pada sàat itu, transaksi dengan e-commerce menggunakan e-banking," katanya.

Pada saat itu pelaku kejahatan tersebut berhasil memindahkan uang nasabah ke rekening lainnya.

Tags
OJK
ATM
Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help