Diresmikan Wapres JK, Pendonor Bisa Sumbangkan Darahnya di Gerai Donor Darah Mantos

Gerai itu diresmikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi Ibu Hj Mufidah Jusuf Kalla dan Wagub Sulut, Steven O. Kandouw.

Diresmikan Wapres JK, Pendonor Bisa Sumbangkan Darahnya di Gerai Donor Darah Mantos
PMI Sulut
Wapres RI, Jusuf Kalla menggunting pita tanda diresmikannya Unit Gerai Donor Darah Mantos, Senin (19/3/2018 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Masyarakat Manado dan sekitarnya yang biasa menyumbangkan darahnya kini diberi kemudahan dengan hadirnya Gerai Unit Donor Darah PMI Sulut di Manado Town Square (Mantos 1) depan Hypermart.

Gerai itu diresmikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi Ibu Hj Mufidah Jusuf Kalla dan Wagub Sulut, Steven O. Kandouw.

Jusuf Kalla setelah gunting pita tanda peresmian gerai yang terletak tepat di depan Hypermart Mantos menyempatkan menyapa enam orang donor pertama.

Wapres mengapresiasi gagasan PMI Sulut yang mengadakan gerai itu. Menurutnya, membuka gerai donor darah di mal sebuah ide bagus demi memenuhi kebutuhan darah.

“Dengan begini masyarakat, khususnya mereka yang biasa donor untuk menyumbangkan darah. Sambil jalan-jalan ke mal, bisa donor darah,” ujar JK, sapaanya.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengatakan, Pemprov Sulut mendukung penuh kiprah PMI yang berupaya mencukupi kebutuhan darah. Dukungan itu berupa topangan anggaran dari APBD dan lainnya.

“Kami meminta Pak Hengky (Hengky Wijaya), owner Mantos untuk menyediakan tempat khusus donor darah,” kata Olly.

Wapres Jusuf Kalla meninjau Unit Gerai Donor Darah PMI Sulut didampingi Wagub Steven Kandou di Mantos, Senin (19/3/2018).
Wapres Jusuf Kalla meninjau Unit Gerai Donor Darah PMI Sulut didampingi Wagub Steven Kandou di Mantos, Senin (19/3/2018). ()

Steven O. Kandou yang juga Ketua PMI Sulut mengatakan, pengadaan gerai itu sebagai upaya PMI Sulut memenuhi target 2.500 kantong darah setiap bukan. Katanya, kebutuhan darah di Sulut sekitar 2 persen dari total jumlah penduduk yang sedikitnya 2,4 juta jiwa.

“Maka total kebutuhan setiap tahun 48 ribu kantong,” ujar Kandouw. Sejauh ini kebutuhan darah  berusaha dipenuhi PMI melalui lewat delapan Unit Transfusi Darah (UTD). Enam UTD PMI dan dua di rumah sakit.

“Tujuan akhir kita, keluarga pasien tak lagi disibukkan dengan mencari donor pengganti untuk memenuhi permintaan transfuse darah,” ujar Kandouw.

Ketua Tim Giat Donor Darah PMI Sulut, Annie Dondokambey yang dipercayakan PMI Sulut membangun Gerai Donor Darah Mantos berterima kasih kepada pihak Mantos yang menyediakan lokasi.

PMI Sebelumnya mengamati keluhan masyarakat di media dan media sosial, mereka mengeluh soal kebutuhan darah. PMI mengecek di rumah sakit, di mana-mana memang darah selalu kurang meskipun  sering mengadakan donor darah di mana-mana.

“Setelah berpikir, muncul ide mengadakan gerai ini dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan darah,” ujar Annie.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved